kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak anjlok, Chevron PHK ratusan karyawan


Senin, 18 April 2016 / 20:35 WIB
Harga minyak anjlok, Chevron PHK ratusan karyawan


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Menurunnya harga minyak mentah dunia membuat perusahaan yang bergerak di industri hulu minyak dan gas (migas) melakukan efisiensi. Termasuk, melakukan pengurangan karyawan.

Salah satu perusahaan yang melakukan pengurangan karyawan adalah Chevron Indonesia. Chevron telah meminta izin pemerintah untuk melakukan pengurangan karyawan dengan dua tahapan, yaitu penawaran pensiun dini dan seleksi internal karyawan Chevron.

Elan Biantoro, Kepala Humas SKK Migas mengatakan kedua tahapan tersebut sudah berjalan. Hasilnya cukup lumayan karena dari target Chevron yang ingin mengurangi 1.500 karyawannya, hanya sekitar 750 orang yang tidak bekerja lagi di Chevron.

"Hasilnya lebih dari setengah yang ditargetkan mereka," ujar Elan, Senin (18/4).

Elan bilang, pengurangan karyawan ini dilakukan karena Chevron harus mengecilkan organisasi perusahaannya. Biarpun begitu, proses pengurangan karyawan harus dilakukan dengan persetujuan kedua pihak antara Chevron dan karyawan.

Bagi karyawan yang setuju untuk pensiun dini dan berhenti kerja di Chevron maka akan diberikan pesangon. Sementara karyawan yang tidak setuju masih tetap bekerja di Chevron.

Sebelumnya Yanto Sianipar, Sr. Vice President, Policy, Government and Public Affairs Chevron menanggapi isu yang berkembang mengenai tenaga kerja dengan menyatakan Chevron tengah menjalankan sebuah inisiatif guna mengidentifikasi peluang-peluang peningkatan kinerja bisnis yang dapat membantu Chevron dalam meningkatkan kinerja jangka pendek dan panjang.

Melalui inisiatif ini, Chevron berhasil mengidentifikasi model bisnis dan operasional yang lebih fleksibel dan kompetitif. Termasuk penyesuaian struktur dan ukuran organisasi akan dilakukan.

Chevron yakin inisiatif ini dapat memastikan operasi Chevron di Indonesia terus memberikan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan termasuk masyarakat dan Pemerintah Indonesia. Langkah efisiensi yang dilakukan ini pun tidak akan mempengaruhi kinerja Chevron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×