kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga emas spot masih naik di US$ 1.710,93 per ons troi


Rabu, 29 April 2020 / 11:22 WIB
Harga emas spot masih naik di US$ 1.710,93 per ons troi
ILUSTRASI. Harga emas spot pada Rabu (29/4) masih berada di posisi tinggi. REUTERS/Ilya Naymushin


Reporter: Handoyo, Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas masih berada di posisi tinggi. Mengutip Bloomberg, Rabu (29/4) pukul 11:20 WIB, harga emas spot berada di US$ 1.710,93 per ons troi.naik 0,18% dari harga penutupan kemarin.

Harga emas bergerak naik karena dolar AS melemah di tengah rencana untuk melonggarkan ekonomi utama dari kuncian pandemi virus corona. Sementara investor menunggu kebijakan dari pernyataan Federal Reserve AS yang akan dirilis hari ini. 

Baca Juga: Harga minyak diramal hanya naik tipis setelah pemangkasan OPEC+ berlaku

Tercatat, Italia, Selandia Baru, dan Jerman mengumumkan pelonggaran karantina. Sebagian negara bagian Amerika Serikat (AS) juga melonggarkan pembatasan bisnis. Sedangkan Inggris masih melihat pelonggaran terlalu dini untuk dilakukan.

Bank-bank sentral dunia meluncurkan stimulus untuk mengatasi dampak finansial virus corona. Pemerintah-pemerintah negara dunia pun meluncurkan sejumlah stimulus fiskal untuk menopang ekonomi di tengah penurunan aktivitas bisnis.

"Tumbangnya permintaan akibat virus corona tidak bisa dianggap enteng. Volatilitas pasar finansial masih tinggi dan logam mulia terutama emas masih menjadi lindung nilai dalam portofolio investor dari aset finansial lain,"  kata Avtar Sandu, senior commodities manager Phillip Futures dalam catatan yang dikutip Reuters.

Baca Juga: Simak empat dampak virus corona di Indonesia sepanjang kuartal pertama 2020

Pasar emas menunggu perkembangan dari rapat Federal Reserve yang diumumkan hari ini dan European Central Bank (ECB) esok.

Sementara itu, pasar fisik emas menunjukkan pelemahan sepanjang lockdown. China Gold Association mengatakan, pembelian emas turun hampir separuh pada kuartal pertama. Langkah pembatasan serta kenaikan harga menyebabkan permintaan emas di China merosot.

"Permintaan emas fisik menekan keriuhan emas dan ini menjadi risiko konsolidasi serta potensi penurunan harga,"  kata Hansen. Tapi dia melihat harga emas tidak akan bergerak terlalu jauh setelah lockdown dibuka.

Baca Juga: Penjualan emas United Tractors (UNTR) turun di kuartal I 2020, ini penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×