kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45983,02   -7,36   -0.74%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga berlian bisa turun 10% di tahun ini


Sabtu, 20 Januari 2018 / 19:33 WIB
 Harga berlian bisa turun 10% di tahun ini
ILUSTRASI. Lelang berlian The Raj Pink


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga berlian terus merosot. Kondisi yang sama akan berlanjut di tahun ini. Bahkan hedge fund memperkirakan tahun ini harga berlian akan turun 10%. Penurunan terjadi lantaran kehilangan daya tarik dari konsumen yang lebih muda dan menghadapi tantangan dari berlian sintetis.

Ben Cleary, pengelola dana Tribeca Global Natural Resources Fund mengatakan, awalnya berlian dipasarkan dengan gagasan untuk gaya hidup mewah. Kini, ada pertanyaan besar apakah generasi muda masih menginginkan bentuk kemewahan dari berlian. "Perhatian kami adalah apakah generasi milenial akan memiliki kesetiaan yang sama dengan produk sama seperti orangtua dan kakek nenek mereka," ujar dia seperti dikutip Bloomberg.

Pada tahun 2017, berlian yang sudah dipoles, menjadi salah satu komoditas dengan kinerja terburuk. Penurunan tersebut lantaran berlian ternoda dengan kasus batu palsu. Selain itu, ada perdebatan soal batu berlian yang ditambang di zona konflik. Menurut laporan yang ditulis Bain & Co pada bulan lalu, permintaan berlian mungkin akan stagnan selama satu dekade lagi kecuali industri lebih banyak memikat konsumen.

Produksi naik

Terlebih produksi berlian sepanjang tahun ini bakal meningkat tajam. Ini sejalan dengan rencana ekspansi perusahaan berlian terbesar di Zimbabwe yakni Zimbabwe Consolidated Diamond Mining Company (ZCDC) dan Murowa. Di tahun ini, produksi gabungan berlian bisa mencapai 4,6 juta karat. "Output berlian diperkirakan mencapai 2,6 juta karat pada 2017 dan diproyeksikan mencapai 4,6 juta karat pada 2018," jelas Kamar Dagang Zimbabwe alias Chamber of Mines of Zimbabwe (CMoZ).

Ini karena dua produsen berlian tersebut akan meningkatkan produksi di 2018. "Pada 2018, industri berlian membutuhkan investasi US$ 130 juta untuk melaksanakan proyek yang direncanakan dan mencapai target produksi 4,6 juta karat," ujar CMoZ seperti dikutip dari The Herald.

Dua produsen berlian tersebut telah melakukan eksplorasi sejak 2017. ZCDC menyumbang 80% produksi berlian pada tahun 2017 sedangkan sisanya dari tambang Murowa. Kenaikan produksi tersebut lantaran kedua produsen itu telah menyuntik modal ke proyek tambang berlian pada 2017 lebih dari US$ 120 juta.

Berdasarkan data polishprice, harga berlian secara keseluruhan di sepanjang tahun lalu turun 1,5% menjadi US$ 116 per karat. Namun harga berlian bergerak fluktuatif di tahun ini. Tapi secara umum sampai Senin (15/1) harga berlian turun 0,6% menjadi US$ 116,4 per karat secara year to date (ytd).




TERBARU

[X]
×