kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Generali andalkan unitlink memupuk premi


Kamis, 20 Februari 2014 / 17:31 WIB
Generali andalkan unitlink memupuk premi
ILUSTRASI. Cara menghilangkan bulu wajah.


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Pada awal tahun 2014 ini, sejumlah perusahaan asuransi kembali mengeluarkan beberapa produk unitlink atau asuransi berbalut investasi. Sebut saja Jiwasraya yang bekerjasama dengan Bank Victoria, kemudian ada AIA Indonesia yang menggandeng BCA sebagai partner untuk memasarkan produk unitlink-nya. 

Yang terbaru, peluncuran produk unitlink dari Generali Indonesia berkerjasama dengan Bank Victoria pada Kamis (20/2). Lalu, bagaimana sebenarnya kinerja unitlink perusahaan asuransi tahun lalu ketika pasar sedang bergejolak dan prospeknya di tahun ini?

Biarpun pada tahun lalu ada gejolak di pasar saham, namun ternyata PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) masih mampu bertumbuh cukup tinggi. Generali Indonesia membukukan pendapatan premi pada 2013 hingga mencapai Rp 1,301 triliun dengan kenaikan pertumbuhan sebesar 102% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2012 yang hanya mencapai Rp 644 miliar. Generali juga berhasil melampaui target Rp 900 miliar.

Berdasarkan data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia yang sudah diolah, Generali Indonesia mencatat rata-rata pertumbuhan per tahunnya sejak 2010-2013 sebesar 135,8%. Biarpun begitu, bila dilihat dari tingkat rangking, Generali Indonesia menempati rangking ketujuh dalam total Single Premium Unitlink tahun 2013 dengan nilai Rp 770,8 miliar dan peringkat ketujuh dalam Bancassurance Single Premium Unitlink 2013 dengan nilai Rp 684,6 miliar.

Chief Excecutive Officer (CEO) Generali, Edi Tuhirman bilang, produk unitlink tahun lalu memang tumbuh sangat luar biasa. Dari total pendapatan premi tahun lalu sebanyak 76% disumbang dari produk unitlink, sedangkan sisanya yang sebesar 24% disumbang dari produk tradisional.

Edi mengatakan, ketika terjadi pertumbuhan ekonomi yang melambat, banyak nasabah yang masih menaruh uangnya di Generali Indonesia. Dengan sistem Auto Risk Management System (ARMS), uang nasabah dipindahkan ke kantong investasi yang lebih aman seperti pasar uang.

"Jadi nasabah tidak perlu menarik uangnya. Begitu pasar lagi turun, dana otomatis masuk pasar uang. Jadi jangan sampai dana tersebut ditarik lagi ke nasabah, kemudian ketika pasar naik, masuk lagi ke kita, kita akan kehilangan waktu. Kan pasar geraknya sangat cepat, " kata Edi.

Edi menjelaskan, saluran investasi unitlink yang ada di Generali masuk saham (equity), pendapatan tetap, dan pasar uang.  Pada saat masuk, premi dari nasabah akan ditaruh di equity, namun untuk selanjutnya bisa berubah tergantung pada kondisi pasar saat itu.

Edi menambahkan, setiap harinya akan ada sistem penyeimbang ulang otomatis. Ketika indeks saham jatuh akan jauh lebih aman ditempatkan di pasar uang, sehingga resiko ketika turun lebih kecil. Setelah pasar stabil, maka akan masuk kembali ke komposisi investasi sesuai dengan yang telah ditentukan oleh nasabah.

"Kalau pasar lagi jatuh, kita biasaya banyak ke pasar uang karena terjadi proses cut loss. Tetapi kalau pasar lagi naik tajam seperti saat ini, kemungkinan besar banyak bermain di ekuitas. jadi sangat tergantung kondisi pasar setiap harinya," kata Edi menjelaskan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×