kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,01   -11,51   -1.23%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Delivery Hero akuisisi aplikasi pengiriman makanan Korsel Woona Brothers


Jumat, 13 Desember 2019 / 16:25 WIB
Delivery Hero akuisisi aplikasi pengiriman makanan Korsel Woona Brothers
ILUSTRASI. ilustrasi?merger dan akuisisi, mergers and acquisitions


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Perusahaan asal Jerman, Delivery Hero, sepakat mengakuisisi operator aplikasi pengiriman makanan terkemuka di Korea Selatan yakni Woona Brothers senilai US$ 4 miliar. Keduanya akan membentuk perusahaan patungan untuk menghadapi Uber East di pasar Asia lainnya yang berkembang pesat.

Kesepakatan itu diumumkan oleh Woona. Pemain global terbesar untuk pengiriman makanan ini mengatakan, penjualan tersebut merupakan strategi untuk bertahan di pasar yang sangat kompetitif. Deal itu merupakan yang terbesar yang melibatkan perusahaan internet di Korea Selatan.

Baca Juga: Angela Merkel masih menjadi wanita paling perkasa di dunia versi Forbes

Korea Selatan dengan populasinya yang padat dan tingkat penetrasi smartphone yang tinggi adalah pasar nomor 4 di dunia untuk pesanan makanan online. Peningkatan pesat jumlah orang lajang yang hidup sendiri juga mendorong lonjakan layanan pengiriman makanan.

Aplikasi Delivery Hero Yogiyo berada di peringkat kedua di belakang Baedal Minjok Woowa, tetapi pemimpin sektor menghadapi persaingan yang ketat dari saingannya seperti perusahaan e-commerce Coupang, yang didukung oleh SoftBank Group yang berkantung tebal di Jepang. Bisnis pengiriman restoran Uber Technologies Inc keluar dari Korea Selatan awal tahun ini mencerminkan intensitas persaingan.

"Pasar pengiriman makanan telah dibanjiri dengan modal raksasa yang didukung Jepang dan platform online yang berpengaruh, mengarahkan Woowa untuk mempertimbangkan kemitraan sebagai strategi bertahan hidup," kata juru bicara Woowa Brothers seperti dikutip Reuters, Jumat (13/12).

Baca Juga: Bursa Asia melonjak jelang akhir pekan, ini sebabnya

Pasar online Korea Selatan untuk delivery makanan telah meningkat lebih dari dua kali lipat selama lima tahun terakhir menjadi US$ 5,9 miliar, lebih besar dari gabungan pasar Jepang dan Jerman. Euromonitor memperkirakan pasar Korea Selatan akan melonjak menjadi US$ 9 miliar pada tahun 2023.

Berdasarkan ketentuan kesepakatan, Delivery Hero akan mengakuisisi 87% saham yang dipegang oleh investor Woowa seperti Goldman Sachs, perusahaan pendanaan Singapura GIC, Hillhouse Capital dan Sequoia Capital.




TERBARU

[X]
×