kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bintracho Dharma (CARS) bidik penjualan mobil Toyota sebanyak 28.000 unit


Rabu, 16 Januari 2019 / 20:21 WIB
Bintracho Dharma (CARS) bidik penjualan mobil Toyota sebanyak 28.000 unit


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Awal tahun ini Toyota sudah mengeluarkan penyegaran dua model (facelift) yakni sedan Camry dan model Multi Purpose Vehicle (MPV) Avanza dan Veloz. Sebagai emiten diler yang menjual produk Toyota PT Industri dan Perdagangan Bintracho Dharma Tbk (CARS) melihat penjualan justru akan sama.

Direktur Utama CARS, Sebastianus Harno Budi menjelaskan untuk model Camry tidak akan kena imbas. Kkarena pasar mobil sedan medium di Indonesia hanya 1% dari total penjualan mobil nasional. "Memang untuk di kelasnya Camry akan makin dominan," kata Sebastianus kepada Kontan.co.id, Rabu (16/1).

Sedangkan untuk model Avanza dan Veloz, baru saja diluncurkan kemarin Selasa (15/1). Ada perubahan minor tampilan eksterior maupun interior di keduanya. Sebastianus melihat penjualan justru akan bertahan dan pangsa pasarnya diharapkan juga akan bisa sama.

"Kami tidak melihat akan meningkat mengingat ada kompetitor merek lain yang akan meluncur di tahun ini. Kami prediksi penjualan Toyota lewat diler Nasmoco kami akan di angka 27.000-28.000 unit. Atau sama dengan hasil 2018," kata Sebastianus.

Dari sisi margin, menruutnya akan membaik. Mengingat tak ada perubahan harga jual dari model Toyota Avanza. "Kemungkinan diskon level akan lebih baik dari 2018. Karena ada perubahan model," jelasnya.

Untuk stok lama Avanza menurutnya sudah habis di diler. Sedangkan untuk stok baru sudah bisa dilihat konsumen, dan untuk konsumen yang akan memesan juga sudah siap untuk diinden dalam jangka waktu satu bulan. Adapun penjualan Avanza menyumbang 75% dari total pendapatan emiten berkode saham CARS ini.

Selain Toyota, sejatinya CARS juga mulai mengoperasikan diler Mercedes-Benz komersial di Lampung. Meski baru ada satu diler yang dibuka tahun lalu, rencananya kontribusi pendapatan sudah dirasakan tahun ini. "Karena masih baru, diler Mercedes-Benz menyumbang 2% dari total penjualan kami di 2019. Toyota sudah 58 tahun kami pegang dan tentunya lebih besar bagi pendapatan," katanya.

Saat ditanya mengenai target pencapaian dan target tahun ini belum dibeberkan. Yang jelas tahun ini, CARS akan terus memperkenalkan aplikasi Carsworld, atau yang kerap disingkat CW. Aplikasi ini sudah dikenalkan PT Bintraco (CARS) sejak Oktober 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×