kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asuransi syariah perbesar investasi di reksadana


Minggu, 19 April 2015 / 16:37 WIB
Asuransi syariah perbesar investasi di reksadana
ILUSTRASI. Pekerja memindahkan beras ke dalam karung di pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Kamis (12/10/2023). KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Industri asuransi syariah di dalam negeri masih mengandalkan instrumen deposito sebagai portofolio penempatan investasi mereka. Meski begitu, diperkirakan akan terjadi sedikit pergeseran di tahun ini.

Taufik Marjuniadi Wakil Ketua Bidang Riset dan Statistik Asosisasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) memprediksi, pelaku industri akan memperbanyak penempatan di di instrumen reksadana. Pasalnya, proyeksi pasar modal yang cerah di 2015 dinilai sayang untuk dilewatkan. "Mungkin akan ada perubahan kecil dengan memperbesar reksa dana sekitar 5%," kata dia.

Sepanjang tahun kemarin, total dana investasi dari industri asuransi dan reasuransi syariah di dalam negeri menembus Rp 19,4 triliun. Jumlah ini naik sekitar 36% dibanding catatan 2013 yang sebesar Rp 14,2 triliun.

Porsi investasi dari asuransi jiwa syariah mencapai Rp 16,3 triliun di tahun kemarin dengan kenaikan 41,7% secara year on year. Sementara dana investasi dari perusahaan asuransi umum syariah dan reasuransi syariah hanya naik 12,5% menjadi Rp 3,1 triliun.

Dari total dana di tahun lalu, dia bilang sekitarĀ 80% diataranya masih ditempatkan di deposito syariah. Sementara porsi investasi di reksa dana baru di kisaran 5%, dan sisanya tersebar di beberapa keranjang investasi lain seperti sukuk, properti, sampai logam mulia.

Sayangnya ia belum bisa memprediksi pertumbuhan dana investasi asuransi dan reasuransi syariah sampai tutup tahun ini. Tapi dengan prediksi pertumbuhan bisnis yang lebih ambisius, ia optimis kenaikan dana investasi tahun ini bisa lebih besar dibanding capaian tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×