kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Angka kecelakaan mudik di tol Jasa Marga turun


Kamis, 23 Agustus 2012 / 15:59 WIB
Angka kecelakaan mudik di tol Jasa Marga turun
ILUSTRASI. keluarga


Reporter: Nur Ramdhansyah A | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. PT Jasa Marga Tbk mengklaim, angka kecelakaan selama arus mudik Lebaran di jalan tol yang di kelola perusahaan turun 50%, ketimbang arus mudik Lebaran tahun 2011 lalu.

"Untuk tol Jakarta-Cikampek, tahun lalu tercatat 36 kasus kecelakaan, namun tahun ini hanya 16 kasus," kata Direktur Utama PT JAsa Marga (Persero) Adityawarman kepada KONTAN, Kamis (23/8). Angka kecelakaan tersebut di hitung dari peristiwa kecelakaan yang terjadi mulai H-7 sampai dengan hari H.

Sementara itu, angka kecelakaan mudik tertinggi ditemukan di ruas tol Cipularang tepatnya memasuki daerah Purwakarta, Bandung dan Cileunyi.

Menurut Adityawarman, selama arus mudik tahun ini, terdapat 30 kecelakaan di ruas tol Cipularang tersebut. "Angka ini turun dari tahun 2011 yang berjumlah 31 kecelakaan. Namun, secara matematis angka kecelakaan di lokasi ini masih besar," ujarnya.

Sedangkan jumlah korban jiwa akibat kecelakaan selama mudik Lebaran tahun ini tercatat hanya satu orang, yang terjadi di ruas Tol Cipularang. "Sedangkan di Tol Jakarta-Cikampek Alhamdulillah tidak ada yang meninggal dunia," katanya.

Sementara itu, untuk total kecelakaan arus balik, Adityawarman belum memiliki angka final. Sebab, pihaknya masih melakukan tahap penghitungan.

Menurut Adityawarman, insiden kecelakaan di jalan tol dipengaruhi oleh dua faktor yang dominan. Pertama, faktor kendaraan yang tidak berada dalam kondisi sehat. Kedua, faktor pengemudi yang mengantuk.

"Dari temuan tim kami di lapangan, dua faktor ini yang mempengaruhi. Oleh karena itu, cek dulu kendaraan sebelum berangkat. Jika mengantuk segeralah istirahat dulu," ucapnya.

Adit menepis tudingan kecelakaan terjadi lantaran struktur permukaan jalan yang tidak rata atau licin karena banyak pasir. "Kami tidak menemukan adanya faktor itu sebagai penyebab kecelakaan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×