kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,35   -7,01   -0.75%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yen perkasa, EUR/JPY bakal melanjutkan pelemahan di awal pekan


Minggu, 09 Februari 2020 / 15:40 WIB
Yen perkasa, EUR/JPY bakal melanjutkan pelemahan di awal pekan
ILUSTRASI. Ilustrasi mata uang yen dan euro.


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan pasangan kurs EUR/JPY diprediksi masih akan tertekan pada perdagangan Senin (10/2). Hal ini didukung oleh tingginya minat pelaku pasar terhadap aset safe haven yang membuat JPY menguat terhadap EUR. 

Mengutip Bloomberg, pergerakan EUR/JPY akhir pekan lalu (7/2) tercatat melorot 0,54% ke level 120.14. 

Analis HFX Internasional Berjangka Ady Phangestu mengungkapkan, pasangan kurs sempat diperdagangkan di area terendah di kisaran 120,07.

Baca Juga: Pasangan EUR/JPY diprediksi melemah akibat rilis data ekonomi yang kurang memuaskan

"Investor cenderung memilih aset yang lebih aman, sehingga memotivasi yen untuk membalikkan beberapa pelemahan yang terjadi beberapa hari sebelumnya," jelas Ady kepada Kontan.co.id, Sabtu (8/2).

Ady mengungkapkan, tekanan beli yang meningkat seputar safe haven Jepang ditambah dengan bias penawaran yang tak henti-hentinya pada kurs Eropa telah memaksa EUR/JPY untuk turun lebih lanjut. Alhasil pasangan kurs mencetak posisi terendah tiga hari terakhir dan terus mendekati level psikologi 120.

Di sisi lain, mata uang tunggal eropa memperpanjang bearish yang dipicu pada awal pekan. Apalagi, dolar AS sukses memperoleh nilai transaksi yang lebih baik dengan data ekonomi dan fundamental yang positif. 

Selain itu, berita positif dari perkembangan perang dagang antara AS dan China cenderung membaik. Sementara itu, pasar juga mengharapkan perkembangan positif pada penanganan virus corona.

Adapun sentimen dari Benua Biru menunjukkan, neraca perdagangan Jerman melebar lebih dari yang diharapkan untuk Desember 2019. Sementara itu, produksi industri juga terkontraksi di luar konsensus selama periode yang sama. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa pemulihan di sektor ini terlihat masih membutuhkan waktu panjang di tengah bayang-bayang resesi.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×