kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street tergelincir akibat memanasnya hubungan AS dan Iran


Jumat, 21 Juni 2019 / 22:05 WIB
Wall Street tergelincir akibat memanasnya hubungan AS dan Iran


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Bursa saham Amerika Serikat (AS) tergelincir pada perdagangan hari Jumat, (21/6) karena meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran. Penurunan Wall Street ini juga mengakhiri reli pada Indeks S&P 500 yang sempat mencapai rekor tertinggi pada pekan ini. 

Mengutip Reuters, pada pukul 9.52 waktu setempat, Indeks Dow Jones Industrial Average turun 0,09% menjadi 26.728,98. Indeks S&P 500 juga turun 0,23% menjadi 2.947,51 dan Indeks Nasdaq Composite turun 0,47% menuju 8.013,66.

Meskipun Federal Reserve telah mengisyaratkan pemangkasan suku bunga pada awal Juli, yang memicu saham reli dan mengangkat Indeks S&P 500 mencatat rekor tertinggi pada perdagangan Kamis, tapi ketegangan baru AS dan Iran di Timur Tengah menjadi sentimen negatif bagi bursa saham AS.

"Ketika Anda melihat besarnya peningkatan yang kami dapatkan dalam waktu singkat, terutama pekan ini, saya tidak terkejut melihat pasar turun pada hari ini," ujar Art Hogan, Kepala Strategi Pasar di National Securities New York.

Ia melanjutkan, pihaknya tahu, ada pertemuan G20, yang bisa jadi hasilnya bisa saja membuat pasar kembali bullish atau pun bearish. Karena itu, merupakan hal yang lumrah bila saat ini investor mengambil sedikit jeda untuk merealisasikan keuntungan.

Baik AS maupun China telah sepakat memulai pembicaraan perdagangan setelah sebelumnya buntu menjelang KTT G20 di Jepang pekan depan. Kekhawatiran akan dampak perang dagang telah memicu penurunan bursa saham AS pada Mei lalu.

Sementara, bila AS jadi menyerang Iran, timbul kemungkinan gangguan atas aliran minyak, yang dapat memicu kenaikan harga minyak mentah 1% dan mendorong sektor negeri 0,4% lebih tinggi.

Pada perdagangan hari Jumat ini, Indeks chip Philadelphia turun 0,52%, sedangkan sektor teknologi yang lebih luas turun 0,35%. Carnival Corp jatuh dua hari berturut-turut 3%,dan menjadi saham yang penurunannya terbesar.

Beberapa broker memangkas target harga mereka setelah operator pelayaran tersebut memangkas prediksi laba 2019-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×