kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Turun 66%, saham Prima Cakrawala Abadi (PCAR) kena suspensi pada hari ini


Rabu, 08 Januari 2020 / 06:40 WIB
Turun 66%, saham Prima Cakrawala Abadi (PCAR) kena suspensi pada hari ini
ILUSTRASI. pabrik olahan makanan laut seafood sea food seperti ikan udang rajungan PCA Foods dari?PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCAR)


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan saham PT PT Prima Cakrawala Abadi (PCAR) pada hari ini. BEI menyebut,  terjadi penurunan harga kumulatif yang signifikan pada saham PCAR. 

"Dalam rangka cooling down, BEI memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham PCAR pada 8 Januari 2020," ungkap BEI dalam pengumuman bursa, Selasa (7/1).

Penghentian sementara perdagangan saham PCAR dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai. Suspensi ini dilakukan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasi pada saham PCAR.

Baca Juga: Masuk UMA, saham Prima Cakrawala Abadi (PCAR) disorot BEI

Suspensi ini dilakukan setelah Senin (5/1) lalu BEI mengumumkan terjadinya penurunan harga saham PCAR di luar kebiasaan atau unusual market activity (UMA).

Kemarin, harga saham PCAR merosot 24,79% ke Rp 440 per saham. Ini adalah harga terendah saham PCAR sejak 4 Januari 2018.

Penurunan harga saham PCAR terjadi sejak akhir Desember lalu. Dalam dua pekan, harga saham PCAR turun 66,02%.

Baca Juga: Kinerja Prima Cakrawala Abadi (PCAR) Mengecewakan

Keterbukaan informasi terakhir saham PCAR adalah pada Senin (6/1) tentang laporan kepemilikan efek bulan Desember 2019. Berdasarkan keterbukaan informasi, PT Asabri memiliki 25,14% saham PCAR. Pemilik lebih dari 5% saham PCAR lainnya adalah Bahari Istana Alkausar sebesar 5%.

Dalam laporan keuangan per September 2019, perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan distribusi hasil perikanan (rajungan), industri pengolahan hasil perikanan (cold storage), dan perdagangan umum ini menyebut, entitas induk langsung PCAR adalah PT Asabri.

Dalam laporan ke BEI pada 1 November 2019, PCAR mengungkapkan bahwa pemegang saham pengendali Prima Cakrawala Abadi adalah Tommy Iskandar Widjaja dengan nama pemegang saham tercatat untuk kepentingan pengendali adalah PT Marindo Pasifik Indonesia dengan persentase kepemilikan 3,77%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×