kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SUN bertenor panjang mulai bisa dilirik


Kamis, 10 Januari 2019 / 10:52 WIB
SUN bertenor panjang mulai bisa dilirik


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga Surat Utang Negara (SUN) pada perdagangan Kamis (10/1) berpotensi menguat karena faktor eksternal. Sebelumnya, pada Rabu (9/1) penurunan harga SUN mencapai 60 basis poin (bps) dan menyebabkan adanya perubahan tingkat imbal hasilhingga sebesar 6 bps.

I Made Adi Saputra, analis fixed income MNC Sekuritas mengatakan bahwa penurunan harga SUN kemarin didorong oleh nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS).

Perubahan nilai tukar perubahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS ini tidak lepas dari beberapa sentimen dari faktor eksternal diantaranya perkembangan negosiasi perang dagang antara AS dan China. Pembicaraan mengenai perdagangan AS dan China diperpanjang hingga hari ketiga, Rabu, 9 Januari 2019 di Beijing.

Presiden Trump ingin membuat kesepakatan dengan China untuk meningkatkan pasar saham AS yang sedang lesu. Hal tersebut dianggap bahwa China mampu memberikan gambaran prospek lebih baik ditengah pertumbuhan global yang cenderung terkoreksi.

Mata uang Yuan China yang memimpin penguatan mata uang regional sebesar 0,34% terhadap dollar AS. Selain itu, Bank Dunia juga memangkas proyeksi pertumbuhan global menjadi 2,9% dan menurunkan target perkiraan ekspansi untuk pasar negara berkembang menjadi 4,2% yang sebelumnya berada pada level 4,7%.

Made memproyeksikan pada perdagangan hari ini, harga SUN berpotensi menguat di tengah berkurangnya persepsi risiko terhadap instrumen surat utang negara-negara berkembang. Dengan haga SUN yang berpeluang naik, terutama pada SUN diatas tenor 7 tahun maka Made menyarankan investor untuk mencermati beberapa SUN dengan tenor panjang dan melakukan strategi trading untuk memanfaatkan momentum kenaikan tersebut.

Beberapa seri SUN yang Made rekomendasikan adalah FR0075, FR0067, FR0068, FR0072, dan FR0073.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×