kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

S&P Global Rating merevisi outlook enam perusahaan Indonesia menjadi negatif


Senin, 27 April 2020 / 11:49 WIB
S&P Global Rating merevisi outlook enam perusahaan Indonesia menjadi negatif
ILUSTRASI. S&P Global Rating merevisi outlook enam perusahaan di Indonesia dari stabil menjadi negatif pada Senin (20/4).


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. S&P Global Rating telah merevisi outlook Indonesia dari stabil menjadi negatif pada Jumat (17/4) dengan menegaskan peringkat kredit BBB/A-2. Sejalan dengan itu, S&P Global Rating juga merevisi outlook enam perusahaan di Indonesia dari stabil menjadi negatif pada Senin (20/4).

Empat perusahaan negara yang direvisi outlooknya adalah PT Pertamina, PT Perusahaan Listrik Negara, PT Pelabuhan Indonesia II dan PT Jasa Marga Tbk (JSMR). S&P Global Ratings merevisi outlook keempat perusahaan BUMN tersebut karena sensitivitasnya pada peringkat kredit Indonesia mengingat kepemilikan mayoritas dipegang oleh pemerintah.

Revisi outlook PT Pertamina membuat S&P Global Rating juga merevisi outlook PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) dari stabil menjadi negatif. Sebab pemegang saham mayoritas PGAS adalah PT Pertamina. 

Baca Juga: S&P pangkas outlook Indonesia, bagaimana dampaknya ke pergerakan IHSG?

S&P Global Rating juga merevisi outlook PT Astra International Tbk (ASII) menjadi negatif untuk mencerminkan bahwa S&P mungkin menurunkan penilaian risiko transfer and convertibility (T&C) sejalan dengan turunnya outlook Indonesia. Pada saat uang sama, S&P Global Ratings menegaskan peringkat BBB+ untuk mata uang asing dan A- untuk mata uang lokal di ASII. S&P memberi penilaian ASII di atas Indonesia karena rasio leverage yang rendah dan arus kas yang kuat.

"Dalam pandangan kami, Astra memiliki fleksibilitas keuangan untuk  bertahan di tekanan saat ini dan memiliki kas yang cukup untuk membayar utang jatuh tempo tepat waktu. Pada saat yang bersamaan kami percaya Astra akan akan terus terdampak oleh risiko Indonesia karena mayoritas operasional berada di negara tersebut," tulis Primary Credt Analyts S&P Global Rating Yijing NG dan tim dalam pengumuman rating, Senin (27/4).

Baca Juga: Akibat virus corona, outlook Sri Rejeki Isman (SRIL) menjadi negatif

Di saat yang bersamaan, S&P Global Rating menegaskan peringkat kredit BBB- untuk PT Profesional Telekomunikasi (Protelindo) dengan outlook stabil. Anak usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) tersebut dipercaya dapat bertahan ditengah tekanan saat ini dan memiliki likuiditas yang cukup untuk membayar utang jatuh tempo tepat waktu.

Mereka juga menegaskan peringkat kredit PT Pelabuhan III dengan outlook stabil. "Kami menegaskan peringkat BBB- untuk PT Pelabuhan Indonesia III dengan outlook stabil, mengingat bahwa peringkat dan outlook tidak akan berubah meskipun peringkat Indonesia lebih rendah dari BBB-," jelas dia.

Baca Juga: S&P menurunkan outlook Indonesia, ini kata Pefindo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×