kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sinyal ramai akusisi asing mulai muncul


Senin, 13 Februari 2017 / 21:38 WIB
Sinyal ramai akusisi asing mulai muncul


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Indonesia masih menarik di mata dunia. Ini terlihat dari sejumlah akuisisi yang dilakukan pihak-pihak asing.

Belum sampai penutupan kuartal I-2017, sinyal finalisasi akuisisi Star Energy atas dua aset milik Chevron muncul. Aset tersebut merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang ada di Indonesia dan Filipina.

Dikabarkan jika perusahaan yang didirikan dan dikuasai Prajogo Pangestu melalui Grup Barito Pacific itu baru saja memperoleh kepastian memperoleh pinjaman hingga US$ 660 juta dari sejumlah bank untuk mendanai akuisisi tersebut. Pinjamannya merupakan pinjaman sindikasi yang berasal dari sejumlah bank seperti Credit Suisse, DBS, dan Maybank

Sebelumnya, Star Energy juga memperoleh pinjaman US$ 1,25 miliar dari sejumlah bank tidak lama setelah sale and purchase agreement aksi korporasi ini diteken mendekati akhir tahun lalu.

Dengan tambahan US$ 660 juta memunculkan sinyal akuisisi akan segera tuntas. Berdasarkan catatan KONTAN, manajemen Star Energy menargetkan pelunasan transaksi dan serah terima aset berlangsung akhir kuartal I-2017.

Sebelumnya juga ada kabar akusisi PT Eagle High Plantation Tbk (BWPT) oleh FIC Properties Sdn Bhd yang merupakan anak usaha Federal Land Development Authority (Felda) mendekati tahap finalisasi. Akuisisi senilai US$ 505,4 juta itu hanya tinggal meneruskan urusan administrasi.

Jika dicermati, akuisisi yang ramai terjadi sejak awal tahun ini sejatinya merupakan rencana lama. BWPT malah butuh waktu menahun sebelum progress akuisisinya terlihat signifikan.

"Tapi closing yang baru ramai pada kuartal I ini mengindikasikan jika ketidakpastian sudah mulai berkurang," ujar analis Koneksi Kapital Alfred Nainggolan kepada KONTAN, Senin (13/2).




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×