kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,42   6,96   0.76%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak saham-saham pilihan tiga sekuritas untuk hari ini


Jumat, 03 Mei 2019 / 07:16 WIB
Simak saham-saham pilihan tiga sekuritas untuk hari ini


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Usai koreksi cukup dalam di awal Mei, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan akhir pekan ini berpeluang menguat terbatas (2/5). Sentimen domestik bisa menjadi pendorong penguatan indeks hari ini.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (2/5), IHSG turun 1,25% ke level 6.374,42. Pelemahan tersebut, diikuti aksi net sell dari investor asing sebanyak Rp 191,79 miliar.

Kepala Riset Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan, IHSG terhempas cukup dalam di awal Mei. Pelemahan IHSG juga disertai rilis data ekonomi di bawah ekspektasi. Indeks kinerja sektor manufaktur bulan April turun ke 50,4 di bawah ekspektasi sebesar 51. Pertumbuhan inflasi tahunan di bulan April lebih tinggi daripada ekspektasi yakni menjadi 2,83%.

Pertumbuhan inflasi mendekati 3% diperkirakan akan membuat Bank Indonesia (BI) berhati-hati dalam target pemangkasan suku bunga di tahun ini. Nilai tukar rupiah tertahan dengan turun 0,04% ke level Rp 14.252 per dollar AS. "Perilaku psikologis investor di Mei, yang cenderung mencari langkah aman menjadi salah satu faktor,," jelas Lanjar, Kamis (2/5).

Secara teknikal, terlihat pulled back bearish trend dan MA50 setelah sempat menyentuh pada awal pembukaan perdagangan. Indikator MACD dan RSI memberikan signal pembalikan arah jangka pendek dan akan kembali tertahan di bawah moving average 5 dan 20 hari.

"Meskipun demikian, pelemahan yang signifikan ini secara teknikal IHSG telah tiba pada level support lower bollinger bands yang memberikan peluang rebound jangka pendek dengan menguji Moving Average 5 hari sehingga diprediksikan IHSG akan bergerak mencoba menguat terbatas," tambahnya.

Lanjar memperkirakan IHSG pada perdagangan Jumat (3/5) akan bergerak dengan support 6.350 dan resistance 6.405. Adapun saham-saham yang dapat dicermati menurut Reliances Sekuritas diantaranya LSIP, WTON, CPIN, UNVR, PTBA, LPCK, dan ACES.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengungkapkan, IHSG berpeluang untuk menguat pada perdagangan Jumat (3/5). "Ini karena market masih dalam momentum window dressing, seandainya bukan karena kekhawatiran pemangkasan suku bunga acuan Amerika Serikat (The Fed)," kata William kepada Kontan, Kamis (2/5).

Untuk itu, Panin Sekuritas memprediksi IHSG Jumat (3/5) bakal menguat dalam kisaran support 6.350 dan untuk resistance 6.450. Adapun saham yang menarik dilirik hari ini diantaranya BINA, HEAL, KBLI, SRIL, dan ADRO.

Sebaliknya Kepala Riset MNC Sekuritas Edwin Seabaya justru memperkirakan indeks masih akan melanjutkan pelemahan. Mengingat, pergerakan IHSG di sesi kedua kemarin anjlok cukup dalam seiring turunnya beberapa saham berkapitalisasi pasar besar. "Indeks masih akan bearish, dengan kisaran support 6.318 dan untuk level resistance di level 6.411," kata Edwin kepada Kontan.co.id, Kamis (2/5).

Adapun 10 saham yang direkomendasikan MNC Sekuritas untuk perdagangan hari ini (3/5) yakni, MARK, ACES, MTDL, ADRO, BRPT, MYOR, INDF, DOID, FOOD, dan PPRE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×