kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sido Muncul (SIDO) mengejar produksi untuk memenuhi permintaan di tengah corona


Jumat, 24 April 2020 / 15:56 WIB
Sido Muncul (SIDO) mengejar produksi untuk memenuhi permintaan di tengah corona
Esemag, produk baru Sido Muncul


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah merebaknya pandemi Covid-19, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) mengubah strategi penjualan maupun produksi untuk memenuhi permintaan produk-produk tertentu yang peningkatannya cukup tajam.

Berdasarkan catatan Kontan.co.id, emiten yang dikenal dengan nama Sido Muncul ini memproyeksikan penjualan akan cenderung stagnan karena penjualan ekspor berpotensi tertekan. Kondisi tersebut sejalan beberapa negara yang menerapkan kebijakan lockdown. Sebagai gambaran selama tahun 2019 kontribusi ekspor terhadap penjualan mencapai 6% sampai 7% dari total.

Pada kuartal I-2020 pendapatan Sido Muncul tumbuh 2,38% secara tahunan atau year on year (yoy) menjadi Rp 730,71 miliar. Pada periode ini porsi penjualan ekspor menyusut jadi sekitar 2%.

Baca Juga: Berikut rekomendasi analis Kresna Sekuritas untuk saham Sido Muncul (SIDO)

Direktur Utama Sido Muncul David Hidayat mengatakan di pasar domestik saat ini perusahaan mengejar produksi untuk memenuhi permintaan produk yang dibutuhkan semasa pandemi Covid-19. Adapun produk-produknya seperti Vit C-1000, suplemen herbal, Kopi Jahe, dan Susu Jahe. Sementara untuk Tolak Angin, Sido Muncul sudah memperbesar kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan yang signifikan.

"Persediaan dan kapasitas produksi Tolak Angin tidak mengalami hambatan karena telah kami persiapkan sejak awal," jelas David kepada Kontan.co.id, Jumat (24/4).

Baca Juga: Kejar Target Laba, Sido Muncul Memangkas Biaya Promosi

Produk milik Sido Muncul tersebut serta beberapa kapsul maupun soft gel seperti Vit E, Vit D3, Virgin Coconut Oil (VCO) dan minuman-minuman herbal menjadi kontribusi terbesar dalam penjualan saat ini. "Tren penjualan produk-produk ini sangat bagus peningkatannya, ada yang dua hingga tiga kali lipat," imbuh David.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×