kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sempat terperosok, pasangan EUR/GBP menguat berkat faktor teknikal


Minggu, 24 Juni 2018 / 13:22 WIB
Sempat terperosok, pasangan EUR/GBP menguat berkat faktor teknikal
ILUSTRASI. Berbagai mata uang dunia


Reporter: Dimas Andi | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pernyataan Gubernur European Central Bank (ECB), Mario Draghi, yang tidak akan menaikkan suku bunga acuan dalam waktu dekat sempat membuat kurs euro terperosok di hadapan poundsterling. Untungnya, euro mampu bangkit jelang akhir pekan kendati penguatan tersebut didorong faktor teknikal.

Mengutip Bloomberg, pasangan EUR/GBP ditutup menguat 0,27% ke level 0,8788 pada perdagangan Jumat (22/6).

Analis Monex Investindo Futures, Putu Agus Pransuamitra menyampaikan, penguatan euro pada Jumat lalu lebih disebabkan koreksi teknikal yang dialami poundsterling. Sebab, euro sendiri telah mengalami pelemahan signifikan dalam dua hari terakhir.

Memang, ada data service PMI dari Prancis dan Jerman yang dirilis dengan hasil di atas ekspektasi pelaku pasar. Namun, kedua data tersebut dinilai tidak terlalu berpengaruh besar terhadap pergerakan euro.

Selain itu, kabar bahwa Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) akan merevisi pertumbuhan ekonomi di Zona Euro belum terlalu berpengaruh signifikan terhadap pergerakan euro. “Justru kabar tersebut bisa jadi sentimen negatif di masa mendatang jika IMF menurunkan pertumbuhan ekonomi Eropa,” ujar Putu, Jumat (22/6).

Dia menambahkan, mata uang euro sebenarnya terpapar sentimen negatif setelah Draghi menyatakan masih akan menahan kenaikan suku bunga acuan di Zona Eropa dalam waktu lama. Padahal, di sisi lain ECB telah memutuskan akan menghentikan program pembelian obligasi senilai € 2,6 triliun pada akhir tahun nanti.

Sementara itu, poundsterling sempat mendapat energi berkat adanya tiga anggota Bank of England (BoE) yang menginginkan kenaikan suku bunga acuan dalam waktu dekat.

Putu menilai, pasangan EUR/GBP masih berpotensi kembali mengalami pelemahan pada pekan depan. Hal ini mengingat minimnya rilis data-data ekonomi yang berpengaruh kuat dari Eropa. Di samping itu, Rabu (27/6) nanti BoE akan memberikan pernyataan terkait kebijakan moneter di negara tersebut sehingga bisa menjadi sentimen positif bagi poundsterling.

Secara teknikal, Putu melihat pasangan EUR/GBP bergerak di bawah MA 50, 100, dan 200. Indikator Moving Average Convergence (MACD) mengalami penurunan di kisaran 0,002. Begitu pula dengan indikator Stochastic dan RSI yang turun masing-masing di level 58 dan 46.

Putu merekomendasikan Sell on Rally pada pasangan ini dengan rentang support 0,8720 – 0,8690 dan resistance 0,8800 – 0,8840.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×