kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah emiten BUMN belum bagi dividen, ini alasannya


Minggu, 10 Mei 2020 / 13:45 WIB
Sejumlah emiten BUMN belum bagi dividen, ini alasannya
ILUSTRASI. Pekerja mengerjakan proyek pembangunan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi 2B di jalan KH. Sholeh Iskandar, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/7). Progres pengerjaan proyek pembangunan tol BORR seksi 2B (Kedung Halang-Simpang Yasmin) sepanjang 2,65 km su


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Beberapa emiten badan usaha milik negara (BUMN) masih banyak yang belum memutuskan untuk membagikan dividen. Tertundanya rapat umum pemegang saham (RUPS) karena adanya pandemi Covid-19 menjadi salah satu penyebab emiten pelat merah belum memutuskan besaran dividen.

PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) misalnya, memundurkan jadwal RUPS tahunan dari semula 21 April 2020 menjadi 8 Juni 2020. Salah satu mata acara rapat adalah pembahasan pengunaan laba bersih tahun buku 2019.

Direktur Utama PT Wijaya Karya Tbk Tumiyana, menegaskan, kebijakan mengenai dividen ada pada keputusan pemegang saham mayoritas. Meski demikian, Tumiyana menjamin likuiditas internal WIKA masih terjamin dan terjaga hingga akhir tahun di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Berikut jadwal pembagian dividen AKR Corporindo (AKRA)

PT PP Tbk (PTPP) juga menjadi salah satu emiten yang menunda RUPST, dimana di dalamnya ada agenda persetujuan penetapan penggunaan laba bersih untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2019.

“Maaf untuk saat ini kami belum memberikan ulasan terkait hal tersebut,” ujar Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT PP Agus Purbianto ketika dikonfirmasi ihwal pembagian dividen tahun buku 2019.

Tahun lalu, PTPP membagikan dividen sebesar Rp 48,452 per saham dengan nilai total Rp 300 miliar. Jumlah itu setara 20% dari laba bersih tahun 2018 yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk.

Sementara itu, SVP Corporate Secretary PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) Kunto Hendrapawoko mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengkaji dampak penyebaran virus Covid-19 terhadap kinerja perusahaan.

Baca Juga: Prospek emiten menara masih menjulang di tengah pandemi corona

Kunto mengatakan, secara jangka panjang, pandemi ini berpotensi memengaruhi kinerja ANTM khususnya di kuartal I dan II-2020.

“Hal ini terjadi karena sebagian pasar komoditas ANTM adalah pasar internasional yang menerapkan pembatasan aktivitas ekonomi di negaranya,” ujar Kunto kepada Kontan.co.id, Jumat (8/5).




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×