kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saham Timur Tengah rontok, terimbas kabar lenyapnya jurnalis Jamal Khashoggi


Senin, 15 Oktober 2018 / 05:46 WIB
Saham Timur Tengah rontok, terimbas kabar lenyapnya jurnalis Jamal Khashoggi
ILUSTRASI. Bursa Asia Qatar


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - DUBAI. Saham Arab Saudi jatuh sebanyak 7% pada hari Minggu karena investor khawatir memburuknya hubungan mereka dengan masyarakat internasional setelah hilangnya wartawan Saudi Jamal Khashoggi.

Indeks mengalami penurunan harian terbesar sejak Desember 2014, seiring penurunan harga minyak. Saham produsen petrokimia terbesar di kawasan Teluk, Saudi Basic Industries, jatuh sedalam 7,9%.

Pada penutupan, pasar telah memulihkan sebagian penurunannya, berakhir anjlok 3,5%. Pasar saham Arab Saudi akan direklasifikasi oleh MSCI sebagai pasar yang sedang muncul tahun depan.

"Ini adalah lingkungan politik. Pasar bereaksi negatif terhadap sentimen di sekitar kasus Khashoggi dan kebisingan politik di sekitarnya," kata Salah Shamma, kepala investasi untuk kawasan di Franklin Templeton Emerging Markets Equity, manajer dana global besar.

Bursa Saudi melaporkan bahwa asing menjual 1,62 miliar riyal saham, dan membeli 995,8 juta riyal.

Shamma mencatat bahwa situasi fundamental ekonomi Saudi sejauh ini tidak terpengaruh.

Tetapi para trader regional mengatakan spekulasi bahwa kasus Khashoggi mungkin menghalangi beberapa arus masuk investasi asing -dan bahwa reaksi dalam Kongres AS dapat menyebabkan sanksi AS terhadap beberapa orang Saudi- telah memicu kepanikan penjualan saham oleh beberapa investor lokal.

"Tampaknya akun internasional menghukum bursa Saudi," tambah broker regional.

Khashoggi, seorang kritikus terkemuka dari Riyadh dan seorang warga AS, menghilang pada 2 Oktober setelah mengunjungi konsulat Saudi di Istanbul. 

Turki percaya dia sengaja dibunuh di dalam gedung dan tubuhnya dilenyapkan. Riyadh telah menepis tudingan tersebut.

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Sabtu akan ada "hukuman berat" untuk Arab Saudi jika ternyata Khashoggi terbunuh di konsulat.

Perusahaan-perusahaan media dan beberapa eksekutif teknologi telah menarik diri dari konferensi investasi Saudi utama yang dijadwalkan berlangsung minggu depan di Riyadh karena kemarahan yang meningkat atas kasus ini.

Pasar saham lainnya di kawasan Teluk diseret lebih rendah, dengan indeks Dubai tenggelam 1,5%. 

Perusahaan milik negara Abu Dhabi National Oil Co (ADNOC), ADNOC Distribution, turun 3,5% bahkan setelah para pemegang saham menyetujui dividen interim 0,06 dirham per saham.

Bursa Indeks
SAUDI ARABIA  -3,5 
DUBAI -1,5 
ABU DHABI  -0,7 
QATAR  -0,4 
KUWAIT -1,9 
BAHRAIN  -
OMAN 0,2
MESIR 1,9%

Di Mesir, indeks saham-saham blue-chip naik 2%. Saham pengembang properti Mesir Medinet Nasr reli 10% setelah perusahaan properti SODIC mengatakan bahwa pihaknya bermaksud membuat penawaran tender untuk mengakuisisi perusahaan melalui pertukaran saham.

Indeks acuan Oman naik 0,2%, terangkat oleh HSBC Oman yang melaporkan laba sembilan bulan sebesar 25 juta real, dibandingkan dengan 13,7 juta real pada periode yang sama tahun sebelumnya. Saham HSBC Oman naik 3,4%.

Pasar saham Kuwait turun 1,9%, dibebani oleh bank dan Zain Group setelah bank investasi regional EFG Hermes memangkas target harga perusahaan sebesar dua persen menjadi 0,46 Dinar Kuwait. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×