kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saham-saham semen, kertas, dan poulty menopang kenaikan sektor industri dasar


Senin, 11 November 2019 / 19:32 WIB
Saham-saham semen, kertas, dan poulty menopang kenaikan sektor industri dasar
ILUSTRASI. Papan elektronik pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Indeks sektor industri dasar menguat di tengah pelemahan sektor lainnya.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama sepekan ke belakang, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 0,51%. Namun, salah satu indeks yakni industri dasar justru menguat dalam sepekan.

Meski pada perdagangan hari ini indeks industri dasar terkoreksi 0,82%, akan tetapi sepanjang pekan lalu indeks industri dasar telah menguat 2,16%. Bahkan, sejak awal tahun hingga saat ini, indeks sektor industri dasar telah menguat 10,19%.

Baca Juga: Rupiah berpotensi kembali melemah besok

Hal ini kontras dengan kondisi indeks sektoral lain, misalkan saja indeks barang konsumen yang turun 1,67% selama sepekan. Indeks properti dan konstruksi turun 1,13% dalam perdagangan pekan lalu.

Moncernya kinerja indeks industri dasar tidak lepas dari saham-saham yang menjadi pendorong pergerakan indeks ini. “Pulp and paper serta semen kembali memberi kontribusi terhadap kenaikan sektor industri dasar dalam pekan lalu,” kata Presiden Direktur CSA Institute Aria Santoso kepada Kontan.co.id, Senin (11/11).

Baca Juga: IHSG turun 0,47% dengan volume dan nilai transaksi tipis pada Senin (11/11)

Melansir dari RTI Business, saham PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM) melesat 10,09% dalam waktu sepekan. Begitu pula dengan saham PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP) yang naik 0,94% dalam sepekan.

Sementara itu, Analis MNC Sekuritas Catherina Vincentia mengatakan, secara umum indeks sektor industri dasar akan menghijau di momen-momen akhir tahun seperti sekarang. Hal ini tidak lepas dari semakin dekatnya momentum Hari Raya Natal dan tahun baru. “Biasanya orang-orang akan meningkatkan konsumsi khususnya dari sisi poultry (ternak),” terangnya kepada Kontan.co.id.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×