kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saham Prima Cakrawala (PCAR) & Radana Finance (HDFA) bergerak di luar kebiasaan (UMA)


Senin, 31 Desember 2018 / 18:57 WIB
Saham Prima Cakrawala (PCAR) & Radana Finance (HDFA) bergerak di luar kebiasaan (UMA)
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dua saham masuk radar pengawasan Bursa Efek Indonesia menjelang tutup tahun 2018. Kedua saham ini adalah PT Radana Bhaskara Finance (HDFA) dan PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCAR).

"Telah terjadi peningkatan harga dan aktivitas saham PCAR dan HDFA yang di luar kebiasaan (unusual market activity)," ungkap Endra Febri Styawan, PH Kepala Divisi Pengawasan Transaksi dan Irvan Susandy, Kepala Divisi Operasional Perdagangan BEI dalam pengumuman bursa, Jumat (28/12).

BEI mengungkapkan bahwa informasi terakhir mengenai HDFA adalah pada 6 Desember 2018 pada keterbukaan informasi. Sedangkan informasi terakhir mengenai PCAR adalah pada 27 Desember 2018.

"Sehubungan dengan terjadinya UMA atas saham-saham tersebut, BEI sedang mencermati perkembangan pola transaksi," imbuh BEI.

Oleh karena itu, BEI berharap para investor dapat memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi BEI. Investor juga perlu mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasinya.

Investor pun perlu mengkaji kembali rencana aksi korporasi perusahaan tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan rapat umum pemegang saham. Investor juga perlu mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

Berdasarkan data Bloomberg, harga saham PCAR terus menguat di bulan Desember. Pada perdagangan Jumat (28/12), harga saham perusahaan distribusi dan pengolahan hasil perikanan rajungan, cold storage, dan perdagangan ini berada di Rp 5.350 per saham, menguat 21,59% dari hari sebelumnya.

Ini adalah harga tertinggi sepanjang masa saham Prima Cakrawala sejak IPO pada 29 Desember 2017 lalu. Secara bulanan, harga saham PCAR naik 80,74%.

Sedangkan harga saham HDFA pada Jumat lalu melonjak 24,56% menjadi Rp 284 per saham. Lonjakan kenaikan harga saham HDFA baru terjadi pada pekan terakhir 2018. Dalam sepekan, harga saham HDFA melonjak 125%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×