kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PTPP selesaikan pembangunan pelabuhan Patimban fase satu


Senin, 21 Desember 2020 / 21:25 WIB
PTPP selesaikan pembangunan pelabuhan Patimban fase satu
ILUSTRASI. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) berfoto bersama para pemangku kepentingan usai mengecek kesiapan operasional Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, Kamis (3/12/2020).


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT PP (Persero) Tbk (PTPP) berhasil menyelesaikan pembangunan salah satu Proyek Starategis Nasional (PSN) Pelabuhan Internasional Patimban Fase 1. Presiden Joko Widodo melakukan soft launching dan pengoperasian perdana Pelabuhan Internasional Patimban, Minggu (20/12) secara virtual dari Istana Negara di Bogor Jawa Barat.

Sedangkan, acara soft launching dan pengoperasian perdana Pelabuhan Internasional Patimban yang dipusatkan di lokasi proyek dihadiri secara langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang turut hadir secara langsung mewakili Pemerintah.

PTPP ditunjuk untuk mengerjakan 3  paket dari pembangunan dan pengembangan proyek pelabuhan tersebut. Paket 1 merupakan konstruksi terminal di mana PTPP membentuk konsorsium bersama Penta-Rinkai-TOA- PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) dengan total nilai kontrak sebesar Rp 6 triliun.

Kemudian paket 3 Jembatan Penghubungan di mana PTPP membentuk Joint Operation bersama WIKA dengan total nilai kontrak sebesar Rp 524 miilar dan Paket 4 Access Road di mana PTPP membentuk Joint Venture bersama Shimizu–BCK dengan total nilai kontrak sebesar Rp 1,12 triliun.

Baca Juga: Tahun Depan PT PP Presisi Tbk (PPRE) Mengincar Kontrak Baru Rp 3,7 Triliun

Dalam acara tersebut, turut dihadiri secara langsung oleh Novel Arsyad selaku Direktur Utama, M. Toha Fauzi selaku Direktur Operasi 2, Pande Ketut selaku SVP Divisi Infrastruktur 2, dan Yuyus Juarsa selaku SVP Corporate Secretary PTPP.

Selain itu, dalam acara peresmian tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil, Duta Besar Jepang, Ketua DPRD Jawa Barat, dan Kapolda Jawa Barat, Pangdam III Siliwangi.  Pelaksanaan peresmian tersebut menerapkan protocol kesehatan Covid-19 secara ketat bagi para undangan yang hadir di lokasi acara, Subang, Jawa Barat.

Proyek pembangunan dan pengembangan Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat ini akan menjadi salah satu Pelabuhan terbesar di Indonesia yang disiapkan oleh Pemerintah untuk mendukung kegiatan ekspor dan impor.

Ke depannya, Pelabuhan Patimban akan disinergikan dengan Pelabuhan Tanjung Priok yang berlokasi di Jakarta, sehingga dapat meningkatkan efisiensi biaya dan waktu, serta memangkas biaya logistik nasional. Dengan lokasi yang strategis, Pelabuhan Patimban akan terkoneksi dengan Jalan Tol dan Jalan Kereta Api serta akan meningkatkan potensi pembangunan 10 (sepuluh) kawasan industri di sepanjang koridor utara Pulau Jawa.

Baca Juga: Ini penyebab saham emiten konstruksi BUMN kompak menguat dalam sepekan terakhir




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×