kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo berikan peringkat stabil idBBB- ke Perikanan Nusantara (PRKN)


Senin, 12 November 2018 / 13:16 WIB
Pefindo berikan peringkat stabil idBBB- ke Perikanan Nusantara (PRKN)
ILUSTRASI. PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO)


Reporter: Nur Pehatul Janna | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat stable atau idBBB- kepada PT Perikanan Nusantara (Persero) dan Medium Term Notes (MTN) I tahun 2017.

Berdasarkan keterbukaan informasi Pefindo, Jumat (9/11), disebutkan bahwa peringkat tersebut tidak berubah dibandingkan dengan peringkat sama yang pernah diberikan sebelumnya.

Adapun periode pemeringkatan ini adalah 8 November 2018 sampai 1 November 2019. Peringkat ini didasarkan pada laporan keuangan tidak diaudit Perikanan Nusantara (PRKN) per Juni 2018 dan laporan keuangan audit Desember 2017.

Asal tahu saja, Obligor dengan peringkat idBBB memiliki kemampuan yang memadai dibanding obligor Indonesia lainnya untuk memenuhi komitmen keuangannya.

Walau demikian, kemampuan obligor lebih mungkin akan terpengaruh oleh perubahan buruk keadaan dan kondisi ekonomi.

Sementara tanda kurang (-) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif lah dan di bawah rata-rata kategori yang bersangkutan.

Peringkat tersebut dapat dinaikkan jika PRKN dapat meningkatkan profil bisnis sebagai hasil dari penguatan bisnisnya dan memperbaiki leverage keuangan secara berkelanjutan.

Namun, peringkat dapat diturunkan jika PRKN menarik utang baru yang secara signifikan lebih tinggi daripada yang diproyeksikan tanpa diimbangi dengan kinerja usaha yang lebih baik, dan jika pendapatan atau EBITDA perusahaan secara signifikan lebih rendah dari yang diproyeksikan, yang dapat berpengaruh negatif terhadap struktur permodalan dan arus kas Perusahaan.

PRKN sendiri merupakan penggabungan perusahaan perikanan milik negara yang didirikan pada tahun 2006 di antaranya PT Usaha Mina (Persero), PT Perikani (Persero), PT Tirta Raya Mina (Persero), dan PT Perikanan Samodra Besar (Persero).

Lebih lanjut, sejak awal pendirian, saham Perusahaan dimiliki seluruhnya oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Adapun kegiatan usaha Perusahaan dilengkapi oleh fasilitas pendukung seperti: pabrik es balok, docking slip way, dermaga, fasilitas Unit Pengolahan Ikan (UPI), pembekuan ikan (air blast freezer/ABF), ruang pendingin, serta kapal penangkap ikan dan kapal penampung ikan sebanyak 17 unit yang tersebar di 6 kota di Indonesia, yaitu Sorong, Ambon, Bitung, Bacan, Benoa, dan Makassar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×