kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Moody's beri peringkat Baa2 untuk Samurai Bonds Indonesia


Kamis, 16 Mei 2019 / 20:27 WIB
Moody's beri peringkat Baa2 untuk Samurai Bonds Indonesia


Reporter: Dimas Andi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Moody’s Investors Service menetapkan peringkat Baa2 untuk Surat Utang Negara (SUN) berdenominasi valas Yen Jepang atau Samurai Bonds yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia pada Kamis (16/5).

Peringkat Baa2 ini didukung oleh kebijakan pemerintah yang berdampak pada stabilitas makroekonomi Indonesia di tengah gejolak pasar global. Selain itu, pemberian peringkat tersebut juga didasari oleh profil kredit pemerintah Indonesia yang masih cukup solid. Hal ini berkat defisit fiskal yang sempit dan rasio utang pemerintah yang rendah.

Dengan peringkat Baa2, artinya prospek Indonesia tergolong stabil di mata Moody’s. Prospek stabil ini tercermin dari risiko tantangan politik yang menurun serta adanya implementasi lebih lanjut dari pemerintah Indonesia dalam mereformasi ekonomi, fiskal, dan regulasi secara lebih luas.

“Pemerintah Indonesia berusaha untuk mengatasi kendala ekonomi yang melekat. Kami berharap reformasi ekonomi ini akan berjalan efektif,” ujar Anushka Shah selalu Vice President Senior Analyst Sovereign Risk Group Moody’s Investors Service Singapore Pte. Ltd dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id.

Karena prospek Indonesia masih stabil, artinya perubahan peringkat utang tidak akan terjadi dalam beberapa waktu mendatang.

Potensi penurunan peringkat Samurai Bonds baru akan terjadi apabila kebijakan-kebijakan makroekonomi pemerintah terhenti atau berjalan tidak efektif. Selain itu, penurunan kekuatan finansial lembaga-lembaga BUMN yang mengganggu neraca pemerintah juga bisa mempengaruhi peringkat utang.

Sebagai informasi, Samurai Bonds yang baru diterbitkan pemerintah memiliki nominal sebesar JPY 177 miliar. Obligasi ini terdiri dari 6 seri dengan rentang tenor mulai dari 3 tahun sampai 20 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×