kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meski suku bunga turun, sektor properti masih hadapi tantangan virus corona


Minggu, 22 Maret 2020 / 13:20 WIB
Meski suku bunga turun, sektor properti masih hadapi tantangan virus corona
ILUSTRASI. Aktivitas pemasaran properti ikut terganggu lantaran konsumen mengurangi interaksi sosial.


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Merespons penyebaran virus corona (Covid-19) Bank Indonesia (BI) kembali memangkas suku bunga menjadi 4,5% dan merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia dari 5%-5,4% menjadi 4,2%-4,6%. Dalam kondisi seperti ini, dampak penurunan suku bunga belum terlalu dirasakan oleh industri properti.

Direktur Keuangan PT PP Properti Tbk (PPRO) Indaryanto menjelaskan, sejak BI memangkas suku bunga dari level 6% hingga saat ini, sejumlah bank memang sudah menurunkan suku bunga kredit. Tapi, dengan adanya ancaman pelemahan ekonomi global dan berimbas ke ekonomi dalam negeri akibat Covid-19, bisnis properti bisa gagal menggeliat tahun ini.  

Secara teknis aktivitas pemasaran ikut terganggu lantaran konsumen mengurangi interaksi sosial. Pihak PPRO juga mengurangi gathering dan pembukaan booth untuk menghindari penularan Covid-19.

Baca Juga: Rumah Murah Pinggiran Jakarta Semakin Laris

“Dampak penurunan suku bunga akan berdampak setelah bank-bank menurunkan lagi. Diharapkan bank-bank menurunkan suku bunga lagi dan kondisi secara keseluruhan membaik. Tapi kalau kondisinya seperti saat ini kami marketing saja susah, penurunan bunga juga belum berdampak signifikan,” jelas Indaryanto kepada Kontan.co.id, Jumat (20/3).

PPRO akan kembali melihat perkembangan penyebaran Covid-19 dan melakukan evaluasi pada April-Mei 2020. Menurut Indaryanto, capaian pendapatan pra-penjualan (marketing sales) PPRO pada Januari-Februari 2020 cukup baik bila dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Sebab pada periode tersebut, Covid-19 belum menjadi momok dan PPRO memperoleh marketing sales dari gelaran pameran properti beberapa waktu silam.

Adapun realisasi marketing sales Januari-Februari 2020 tercatat sebesar Rp 350 miliar, disumbang dari pameran yang diikuti PPRO sebesar Rp 48 miliar. Adapun PPRO menargetkan marketing sales tahun ini mencapai Rp 3,8 triliun. “Proyeksi kami sampai Maret akan tumbuh, tetapi April-Mei 2020 baru terasa (tekanan),” jelas dia.

Baca Juga: Elang Grup nilai prospek properti menengah bawah masih cerah




TERBARU

[X]
×