kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MAP Aktif (MAP) mengantongi pertumbuhan laba 46% di kuartal I


Kamis, 02 Mei 2019 / 09:49 WIB
MAP Aktif (MAP) mengantongi pertumbuhan laba 46% di kuartal I


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) sepanjang kuartal I 2019 mencatat peningkatan pendapatan bersih meningkat 14,68% menjadi sebesar Rp 1,51 triliun ketimbang sebelumnya Rp 1,32 triliun.

Laba usaha meningkat 23,3% menjadi Rp 197 miliar, sementara pendapatan bersih yang telah disesuaikan meningkat 25,6% menjadi Rp 147 miliar. Margin pendapatan bersih meningkat menjadi 9,7% dari 8,8% yang tercatat di periode yang sama tahun lalu.

Same store sales growth (SSSG) konsolidasi yang tercatat di kuartal pertama 2019 meningkat 8%, didorong oleh pertumbuhan di segmen sports dan kids. Laba bersih tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk menanjak 46,19% menjadi Rp 141,22 miliar.

Meskipun dengan permintaan pelanggan yang tinggi di bisnis leisure, terdapat penurunan sementara untuk SSSG, terutama berhubungan dengan kendala supply chain terkait perubahan struktur perusahaan induk Payless USA yang akan kembali seimbang di semester ke-dua tahun ini.

Ratih D. Gianda, Sekretaris Perusahaan MAPA mengatakan, pihaknya mencapai keseimbangan antara pendapatan dan pertumbuhan untuk kuartal pertama, selagi mempersiapkan pondasi untuk inisiatif pertumbuhan masa depan di digital dan Vietnam. "Kami akan terus berinvestasi di infrastruktur, retail operation proses dan berbagai merek kami, untuk menunjukkan potensi yang sebenarnya dari bisnis MAP Aktif," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (2/5).

Catatan margin laba kotor anak usaha PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) ini juga meningkat sebanyak 140 basis poin menjadi 46,4%, hasil dari meningkatnya perencanaan merchandise, peningkatan pembelian dan eksekusi pemasaran di seluruh platform ritel MAPA.

Namun untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri yang lebih cepat dibanding tahun sebelumnya, MAPA mengupayakan inventory days yang lebih tinggi, dari 163 hari menjadi 197 hari untuk memenuhi peningkatan penjualan.

Pembelian tersebut telah didukung dengan pilihan produk yang tepat dengan jumlah yang mencukupi untuk mencapai target top-line dan bottom-line MAPA yang lebih baik di musim libur kuartal kedua. Tambahan inventory juga dianggarkan untuk distribusi eksklusif merek Lego yang telah di akuisisi, peluncuran digital PlanetSports.Asia dan ekspansi di Vietnam.

MAPA telah menaruh investasi di dalam infrastruktur digital dengan peluncuran independen atas PlanetSports.Asia dan KidzStation.Asia, sehingga penjualan digital meningkat tajam sebesar 123% dan telah melampaui ekspektasi awal. Investasi tambahan pada kapabilitas online, mobile dan media sosial juga telah membuahkan hasil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×