kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lini bisnis Blue Band dijual Rp 2,9 triliun


Jumat, 22 Juni 2018 / 08:10 WIB
Lini bisnis Blue Band dijual Rp 2,9 triliun
ILUSTRASI. Kantor PT Unilever Tbk (UNVR)


Reporter: Willem Kurniawan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) resmi menjual aset bisnis spreads. Penjualan tersebut sudah mendapatkan persetujuan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB), kemarin.

Pemegang saham UNVR menyetujui penjualan aset bisnis spreads yang mencakup aset tak berwujud, yaitu hak mendistribusikan produk dengan merek dagang global Frytol, Blue Band Master dan Blue Band, serta merek dagang lokal Minyak Samin dan Blue Band Gold.

President Direktur UNVR Hemant Bakshi mengemukakan, pemisahan bisnis tersebut menandai langkah lebih lanjut Grup Unilever dalam membentuk dan mempertajam portofolio bisnis demi pertumbuhan jangka panjang.  "Saya yakin bisnis dan jiwa wirausaha masyarakat akan berkembang di bawah kepemilikan yang baru," kata Hemant, kemarin.

Selain itu, UNVR juga menjual aset berwujud seperti aset produksi, perlengkapan, persediaan dan barang dagang serta penyewaan sebagian tanah dan pabrik di Cikarang. Jadi, nilai total transaksinya mencapai Rp 2,92 triliun.

Lahan dan pabrik di wilayah Cikarang akan disewakan kepada Sigma Bidco BV, hingga 22 Juni 2022. "UNVR tentunya selalu menyelaraskan strategi maupun kebijakan global Unilever untuk merek-merek yang dikomersialisasikan di Indonesia," ungkap Hemant.

Direktur UNVR Sancoyo Antarikso menyebutkan, bisnis spread berkontribusi sebesar 2,8% terhadap total pendapatan UNVR.

Dana hasil divestasi bisnis spreads akan digunakan untuk memperbaiki rasio keuangan serta pengembangan usaha. "Selain memperbaiki rasio keuangan, baik likuiditas dan solvabilitas, dana tersebut juga akan digunakan untuk memperkuat sektor bisnis yang sudah ada atau memasuki area-area baru yang belum kami punya," kata Sancoyo, kemarin.

Namun, manajemen UNVR enggan merinci area bisnis yang akan dimasuki dan rencana akuisisinya. "Untuk akuisisi, selama ada kesempatan akan kami lakukan, selama itu selaras dengan strategi UNVR dan harganya cocok. Jadi tidak ada target tahun ini atau tahun depan kami harus akuisisi," ungkap Sancoyo.

Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menilai prospek UNVR masih menarik setelah menjual bisnis spreads. "Melepas bukan sesuatu yang buruk. Apalagi jika sudah untung karena menjadi langkah strategis manajemen," kata dia.

William merekomendasikan buy UNVR dengan target harga Rp 57.000 per saham. Harga saham UNVR kemarin di level Rp 44.200 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×