kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lebih baik dari IHSG, Samuel Aset Manajement rilis ETF dengan Indeks Acuan SRI KEHATI


Kamis, 14 Mei 2020 / 10:05 WIB
Lebih baik dari IHSG, Samuel Aset Manajement rilis ETF dengan Indeks Acuan SRI KEHATI
ILUSTRASI. Pengunjung berkonsultasi mengenai produk reksadana syariah di stan Samuel Aset Manajemen (SAM) yang menjadi peserta Indonesia Financial Expo & Forum (IFEF) 2014 di Jakarta Convention Center, Jumat (26/9). KONTAN/Daniel Prabowo/09/06/2014


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai bentuk kepedulian terhadap investasi berbasis lingkungan, sosial dan pemerintahan (ESG), PT Samuel Aset Manajemen (SAM) meluncurkan produk baru berupa reksadana Exchange Traded Fund (ETF) di Bursa Efek Indonesia pada Kamis (14/5).

Produk tersebut mengacu pada indeks SRI KEHATI yang diklaim memiliki kinerja lebih baik ketimbang Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Produk reksadana ETF perdana dari SAM diberi nama Reksadana Indeks SAM ETF SRI KEHATI (“SAM ETF SRI-KEHATI”).

Adapun alasan untuk menjadikan SRI KEHATI sebagai indeks acuan lantaran kinerja indeks diklaim memiliki kinerja yang baik jika dibandingkan dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan LQ45.

Baca Juga: Peluncuran ReksaDana Indeks SAM ETF SRI-KEHATI

Selain itu, indeks SRI KEHATI memiliki performance rata-rata 8,5% per tahun sejak diluncurkan 2009 hingga sekarang, sedangkan IHSG rata-rata 5,4% per tahun di periode yang sama. SAM ETF SRI-KEHATI saat ini sudah dapat diperjualbelikan di BEI dengan kode perdagangan XSSK.

Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna mengatakan, SAM ETF SRI KEHATI menjadi ETF kelima yang tercatat di 2020, sekali jadi ETF ke-43 di BEI.

"Ini merupakan produk ETF pertama dari SAM dan jadi ETF keempat yang menggunakan indeks SRI KEHATI di BEI," kata Nyoman dalam pencatatan perdana, Kamis (14/5).

Dalam penerbitan produk tersebut, SAM menggandeng  PT Mandiri Sekuritas sebagai Dealer Partisipan dan PT Bank Central Asia (BCA) sebagai Bank Kustodian.

SAM ETF SRI-KEHATI menawarkan 10 juta unit penyertaan dengan nilai aktiva bersih (NAB) awal Rp 500 atau setara Rp 50.000.000 per unit kreasi.

Direktur Utama SAM Agus Basuki mengatakan, tujuan SAM ETF SRI-KEHATI yakni memberikan hasil investasi yang setara dengan kinerja indeks SRI KEHATI yang diterbitkan oleh BEI melalui investasi sesuai dengan kebijakan investasi.

Agus menekankan reksadana ETF dengan tema ESG sangat memperhatikan unsur Environment Friendly, Social Responsibility dan Good Corporate Governance.

"Dengan indeks yang sudah terkoreksi dalam, SAM ETF SRI-KEHATI diharapkan jadi pilihan yang tepat bagi investor untuk mulai investasi pada produk baru," jelas Agus.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×