kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kini menjadi Komisaris Unilever, ini perjalanan karier Ignasius Jonan


Sabtu, 25 Juli 2020 / 05:25 WIB
Kini menjadi Komisaris Unilever, ini perjalanan karier Ignasius Jonan


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral masa jabatan 2016 - 2019, Ignasius Jonan resmi menjadi Komisaris Independen PT Unilever Indonesia, Tbk (UNVR). 

Jumat (24/7) kemarin Ignasius menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Graha Unilever, secara virtual. 

“Pagi ini saya menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Unilever Indonesia, Tbk secara virtual dengan salah satu agenda yaitu pengangkatan saya sebagai komisaris independen perseroan efektif 24 Juli 2020. Trimakasih atas kepercayaan yang diberikan,” kata Ignasius dalam sebuah unggahan di Instagram, Jumat (24/7/2020).

Ignasius Jonan sendiri merupakan sosok yang terkenal saat menjabat sebagai Direktur Utama KAI. 

Di bawah kepemimpinannya, KAI berbenah dan mulai menunjukkan perkembangan yang signifikan. KAI yang sebelumnya merugi pun berhasil berbalik untung hingga Rp 1 triliun pada tahun 2014.

Lantas, seperti apa sosok Ignasius Jonan yang kini menjabat sebagai Komisaris Independen Unilever?

Baca Juga: Investasi US$ 20 miliar di Masela lenyap? Ini jalan terjal proyek kebanggaan Jokowi

Mantan Dirut KAI dan Menteri ESDM

Dirangkum dari pemberitaan Kontan.co.id, Ignasius Jonan, lahir di Singapura, 21 Juni 1963. Dia pernah menjabat sebagai Menteri Perhubungan pada Kabinet Kerja Jokowi periode 2014 hingga 2019. 

Namun, pada 2016, posisinya digantikan oleh Budi Karya Sumadi. 

Pencopotan Jonan pun menjadi tanda tanya besar terkait dengan alasaan Jokowi mencopot menteri yang mampu membuat gebrakan di KAI tersebut. 

Asumsi pun menguat bahwa Jonan dicopot karena bersikeras menolak proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang digagas pemerintah. Menurut dia, proyek tersebut tidak begitu diperlukan. 

Bahkan, ia tak hadir saat groundbreaking proyek kereta cepat, di mana saat itu Presiden Jokowi hadir di lokasi.

Baca Juga: Shell jual 35% saham di Blok Masela, ini taksiran perhitungan harganya...

Meski demikian, Jonan mendapatkan posisi baru sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama dengan Arcandra Tahar sebagai Wakil Menteri ESDM. 

Jokowi menganggap keduanya sama-sama sosok pekerja keras dan keras kepala sehingga mampu mereformasi Kementerian ESDM dengan baik.

Sebelum itu, Jonan juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) dari tahun 2009 sampai 2014. Ignasius Jonan menjabat sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggantikan Ronny Wahyudi.

Selain sejumlah gebrakan yang dia lakukan di KAI, nama Jonan familiar di masyarakat Indonesia lantaran fotonya yang tidur lelap, meringkuk di bangku penumpang kereta api menjadi viral. Foto itu diambil pada tahun 2014. 

Berbicara soal karier, keberhasilannya menduduki kursi Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia tak terlepas dari karier cemerlangnya selama menjabat sebagai Managing Director Citibank/Citigroup mulai 2006-2009.

Pria yang lahir pada 21 Juni 1963 pernah terpilih sebagai chief executive officer (CEO) terbaik badan usaha milik negara (BUMN) 2013.

Baca Juga: Karakter bisnis BUMN berbeda, perlu orang dengan visi masa depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×