kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kekhawatiran perlambatan ekonomi global dan naiknya pasokan AS seret harga minyak


Kamis, 06 Juni 2019 / 08:55 WIB
Kekhawatiran perlambatan ekonomi global dan naiknya pasokan AS seret harga minyak


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA - Harga minyak dunia pada Selasa anjlok di level terendah sejak Januari 2019. Hal itu terjadi karena pasar berada di bawah tekanan akibat meningkatnya pasokan minyak AS dan menghentikan permintaan di tengah perlambatan ekonomi.

Mengutip Reuters, Kamis (6/6), patokan internasional untuk harga minyak mentah berjangka Brent bulan depan, berada di US$ 60,50 pada 0108 GMT. Itu 13 sen, atau 0,2%, di bawah penutupan sesi terakhir. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berada di US$ 51,62 per barel, 6 sen, atau 0,1%.

Harga Brent dan WTI pada hari Rabu mencapai level terendah sejak Januari, masing-masing pada US$ 59,45 dan US$ 50,60 per barel, di tengah lonjakan persediaan minyak mentah AS dan rekor produksi, dan ketika perlambatan ekonomi global mulai memukul permintaan energi.

Produksi minyak mentah AS naik ke rekor 124,4 juta barel per hari (bph) dalam seminggu hingga 31 Mei, Administrasi Informasi Energi (EIA) mengatakan pada hari Rabu, peningkatan produksi mencapai 1,63 juta barel per hari sejak Mei 2018.

Di tengah melonjaknya output, persediaan minyak mentah komersial AS naik 6,8 juta dalam sepekan hingga 31 Mei menjadi 483,26 juta barel, level tertinggi sejak Juli 2017.

"Meningkatnya produksi AS lebih dari mengimbangi upaya OPEC + dan jika kita menambahkan efek negatif perang perdagangan terhadap permintaan energi, hasilnya adalah harga yang lebih rendah," kata Alfonso Esparza, analis senior di pialang berjangka OANDA.

Klub produsen yang didominasi Timur Tengah dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) serta beberapa produsen non-afiliasi termasuk Rusia, yang dikenal sebagai OPEC +, telah menahan pasokan minyak sejak awal tahun untuk menopang pasar.

Dengan pasokan yang cukup meskipun ada pemotongan yang dipimpin OPEC, banyak yang akan tergantung pada permintaan.

Pertumbuhan ekonomi global turun akhir tahun lalu tetapi mulai pulih pada awal 2019, tetapi analis sekarang memperingatkan bahwa pertumbuhan terancam lagi.

"Data terbaru menunjukkan pemulihan yang baru lahir telah macet di tengah ketegangan perdagangan dan kemungkinan penurunan ganda," kata Morgan Stanley.

Bank AS mengatakan pihaknya memperkirakan penurunan ini akan mengarah pada tingkat pertumbuhan terendah sejak krisis keuangan global tahun 2008/2009.

"Kami melihat ketegangan perdagangan meluas melalui hubungan langsung seperti perdagangan, komoditas dan pariwisata, dan hubungan tidak langsung seperti kondisi keuangan yang lebih ketat yang melemahkan sentimen dan pengeluaran sektor swasta," kata Morgan Stanley.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×