kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,27   6,81   0.74%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kekayaan Prajogo Pangestu di Barito Pacific (BRPT) tergerus, apa kata analis?


Selasa, 10 Maret 2020 / 21:22 WIB
Kekayaan Prajogo Pangestu di Barito Pacific (BRPT) tergerus, apa kata analis?
ILUSTRASI. Prajogo Pangestu -?President Commissioner; Komisaris Utama; Presiden Komisaris?PT Barito Pacific Tbk BRPT


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang tahun ini hingga Selasa (10/3), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) merosot 17,12% ke level 5.220,82. Penurunan tersebut turut menggerus kekayaan para konglomerat yang menggenggam kepemilikan atas saham-saham di dalamnya. 

Berdasarkan data kepemilikan tujuh konglomerat pada tujuh saham yang dihimpun Kontan.co.id, kekayaan Prajogo Pangestu adalah yang tergerus paling dalam. Sebagai informasi, Prajogo menggenggam 71,46% kepemilikan atas saham PT Barito Pacific Tbk (BRPT).

Baca Juga: Investor asing masih berburu bluechips ini di tengah aksi jual, saham apa saja? 

Sejak awal tahun 2020, harga saham BRPT memang telah terjun 45%, dari Rp 1.510 menjadi Rp 825 per saham. Alhasil, kekayaan Prajogo tergerus dari Rp 96,06 triliun menjadi Rp 52,48 triliun. 

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Ardiastama mengatakan, tekanan pada saham BRPT berasal dari penurunan average selling price (ASP) atau harga jual rata-rata produk petrokimia, terutama ethylene dan polyethylene.

Di samping itu, menurut dia, saham BRPT sudah menorehkan kenaikan yang tinggi sehingga tergolong cukup mahal. Alhasil, para pelaku pasar lebih memilih untuk mengalihkan  portofolionya ke saham lain. 

Meskipun begitu, Okie melihat bahwa saham BRPT memiliki peluang untuk naik kembali karena sentimen penurunan harga minyak dunia.

Baca Juga: Investor asing catat net buy Rp 145,85 miliar, ini saham-saham yang dijagokan analis

"Penurunan harga minyak ini dapat menjadi kesempatan manajemen dalam efisiensi bisnis. Hal tersebut dapat tercermin pada kinerja keuangan kuartal I-2020 nanti," kata dia saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (10/3).  




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×