kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kebijakan lockdown di sejumlah negara perberat kinerja Aneka Tambang (ANTM)


Senin, 27 April 2020 / 23:18 WIB
Kebijakan lockdown di sejumlah negara perberat kinerja Aneka Tambang (ANTM)
ILUSTRASI. Kinerja Aneka Tambang di semester I pendapat ujian berat setelah sejumlah negara melakukan lockdown


Reporter: Kenia Intan | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten pertambangan  PT Aneka Tambang (ANTM) tidak menampik bahwa pandemi virus corona atawa Covid-19 akan mempengaruhi kinerja kuartal I-2020. 

Pandemi virus corona telah mendorong beberapa negara menerapkan karantina wilayah atau lockdown agar penyebaran virus dapat ditekan. Padahal, sebagian besar hasil komoditas dari ANTM diserap oleh pasar internasional, seperti China dan India. 

"Kondisi ini mungkin akan mempengaruhi kinerja bisnis Antam terutama di kuartal I dan awal kuartal II tahun 2020 ini," kata SVP Corporate Secretary Kunto Hendrapawoko ketika dihubungi Kontan.co.id, Senin (27/4). 

Baca Juga: Aneka Tambang (ANTM) akan fokuskan belanja modal untuk penyelesaian proyek

Walaupun kinerja hingga kuartal II diprediksi ikut terpengaruh pandemi Covid-19, Kunto masih optimistis produksi dan penjualan hasil komoditas ANTM tetap positif tahun ini. 

Perusahaan pelat merah ini tetap mengupayakan peningkatan daya saing dengan menurunkan biaya tunai operasi. Hal ini akan dilakukan melalui efisiensi penggunaan bahan-bahan pembantu produksi. 

Walau sejumlah komoditas mengalami penurunan, ANTM mengaku hingga saat ini tidak ada penurunan permintaan untuk feronikel. Adapun kegiatan operasi pabrik feronikel masih tetap berjalan dengan protokol kesiagaan dan kesehatan secara ketat.

Selain itu, Aneka Tambang mendorong penjualan komoditas emas dengan menyediakan transaksi emas secara online

"Pelanggan tetap dapat melakukan pembelian melalui website dan proses buyback dengan reservasi melalui aplikasi WhatsApp," imbuhnya. 

Baca Juga: Legitnya investasi emas Antam, tepat enam bulan ini sudah naik 24,04%

Adapun saat ini ANTM secara berkelanjutan mendalami sejumlah skenario jangka panjang yang mungkin terjadi akibat dari pandemi Covid-19. Sehingga ke depan, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan penyesuaian lain agar operasional perusahaan terus berjalan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×