kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Island Concepts bukukan penurunan kinerja di kuartal I-2018, ini sebabnya


Rabu, 02 Mei 2018 / 19:53 WIB
Island Concepts bukukan penurunan kinerja di kuartal I-2018, ini sebabnya
ILUSTRASI. Island Concepts Indonesia Tbk (ICON)


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja PT Island Concepts Indonesia Tbk pada kuartal I-2018 loyo.

Menilik laporan keuangan perusahaan, sepanjang tiga bulan pertama tahun ini, perusahaan hanya membukukan pendapatan Rp 38,66 miliar, turun 4,3% dari periode yang sama tahun lalu. 

Sementara itu, laba bersih perusahaan pada kuartal I-2018 tercatat Rp 91,44 juta, turun 90,77% dari periode yang sama tahun lalu. alami penurunan kinerja di kuartal I.

Triyono Prayoga, Direktur Keuangan PT Island Concepts Indonesia menjelaskan bahwa penurunan kinerja perusahaan dikarenakan perusahaan berkode emiten ICON ini memiliki unit bisnis facility management yang menggunakan sistem reimburse. Unit usaha ini dimiliki anak perusahaannya, PT Patra Supplies & Services.

Menurut Triyono, sistem kerja facility management menggunakan sistem reimburse. Oleh sebab itu, penurunan kinerja terjadi karena periode Januari hingga Maret belum ditagihkan sehingga belum terbukukan.

Untuk diketahui, unit bisnis tersebut sedang melayani perusahaan rokok di Malang, PT Bentoel Internasional Investama Tbk, anggota British American Tobacco Group (BAT).

Triyono menjelaskan sampai saat ini, pihak Patra Supplies & Services dan BAT masih cek dokumen terkait invoicing.

Menurutnya karena belum ditagihkan, pada laporan keungan kuartal I tercatat peningkatan signifikan pada pemeliharaan dan gaji karyawan pada pos beban pokok pendapatan. Pemeliharaan meningkat menjadi Rp 2,2 miliar pada kuartal I-2018 dari Rp 95,48 juta pada periode yang sama tahun lalu. Sedangkan gaji meningkat 302,35% menjadi Rp 14,56 miliar pada kuartal I-2018

"Iya sebab kita yang membayarkan terlebih dahulu," ujar Triyono kepada kontan.co.id, Selasa (5/2).

Menurutnya untuk meningkatkan pendapatan, untuk sementara perusahaan tidak akan masuk ke bisnis facility management lagi. "Karena macet penggunaan dananya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×