kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investor perlu pertimbangkan ini sebelum mengincar saham oversold


Selasa, 04 Februari 2020 / 21:18 WIB
Investor perlu pertimbangkan ini sebelum mengincar saham oversold
ILUSTRASI. Saham oversold menarik untuk dikoleksi


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar saham dalam negeri tengah tertekan. Sejak awal tahun hingga Selasa (4/2) IHSG tercatat melemah 5,99% ke level 5.922,34. 

Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengatakan, dengan kondisi pasar yang demikian maka saham-saham big caps menjadi menarik. Meskipun saham-saham tersebut belum masuk kategori oversold

"Kalau murah sekali memang belum ya, tetapi kalau di bawah rata-rata valuasi sudah. Jadi oversold itu kalau IHSG di level sekitar 5.600," jelas dia, Selasa (4/2). 

Baca Juga: Ini 10 saham oversold dengan fundamental solid

Saham-saham yang menurut Wawan menarik antara lain BBCA, BBRI, BMRI, ASII, dan TLKM. Menurutnya saham-saham tersebut menarik karena kinerja fundamental masih cukup baik dan terbilang rajin membagi dividen. Historikal emiten dalam membagi dividen patut dijadikan pertimbangan, lantaran investor bisa segera menerima dana masuk. 

"Karena di bulan April itu kan biasanya bagi-bagi dividen, jadi saham-saham oversold terutama yang historikal membagi dividen 4-5% bisa dikejar karena paling enggak dalam jangka waktu dekat ada cashflow yang bisa didapat," ujar Wawan. 

Selain itu, yang perlu diperhatikan dalam memburu saham ovesold adalah katalis positif yang bisa kembali mendorong harga saham. Saat ini, katalis positif yang cukup kuat adalah apabila virus corona bisa segera diredam dengan banyaknya pasien yang sembuh dan sudah ada pencegahan virus yang jelas. 

Baca Juga: Ada enam saham oversold di LQ45 yang direkomendasikan analis

Katalis positif lainnya adalah laporan keuangan tahun 2019 yang akan segera dirilis. Menurutnya, pada kuartal III-2019, rata-rata pertumbuhan pendapatan emiten di Kompas100 hanya tumbuh 8%. Itu merupakan angka terendah dalam lima tahun terakhir. Sehingga, apabila ada pertumbuhan hingga menyentuh angka 9% maka kinerja emiten sudah cukup bagus. 

"Meskipun oversold, untuk kembali ke level 6.200-6.300, harus ada katalis positif. Kalau tidak meskipun murah ya belum akan kemana-mana," pungkas dia.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×