kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investor global melihat peluang belanja aset murah dari Brasil sampai Indonesia


Senin, 27 Agustus 2018 / 06:33 WIB
Investor global melihat peluang belanja aset murah dari Brasil sampai Indonesia
ILUSTRASI. Bendera Negara G20


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - TOKYO.  Krisis ekonomi Turki telah memusingkan kepala investor dan para pembuat kebijakan di pasar negara berkembang. Namun begitu bagi beberapa manajer investasi, ini adalah kesempatan mengambil berbagai aset murah, dari obligasi di Indonesia hingga saham-saham di Brasil.

Pandangan bullish pertumbuhan global telah diuji secara parah tahun ini, dengan pasar saham dilanda perang perdagangan China-AS, kenaikan imbal hasil surat utang AS, dan reli dollar AS.

Indeks saham pasar berkembang MSCI turun 9% tahun ini, sementara indeks patokan utama bursa China turun 17%.

Masalah Turki mempercepat penurunan itu. Lira anjlok sekitar 30% selama beberapa minggu pada bulan Juli dan Agustus, dilanda meningkatnya kekhawatiran kebijakan Presiden Tayyip Erdogan dan hubungan diplomatik yang memburuk dengan Amerika Serikat dan Eropa.

Krisis itu memicu penurunan tajam mata uang pasar negara berkembang lainnya, seperti Argentina, India, Rusia, Afrika Selatan, dan Indonesia.

Sejalan dengan peningkatan kecemasan yang lebih luas, banyak investor melihat peluang bagus untuk meningkatkan posisi di beberapa pasar ini, terutama di Asia.

Bagi Fabiana Fideli, kepala global ekuitas fundamental di Robeco, Korea Selatan dan China adalah tujuan investasi teratas. "Anda akan memiliki volatilitas. Sayangnya, kesempatan itu datang bersamaan di pasar-pasar negara berkembang," kata Fideli.

Tapi dia mencatat ini adalah kesempatan untuk membeli daripada alasan untuk panik. Robeco menjual kepemilikannya di Turki dalam strategi ekuitas fundamentalnya jauh sebelum krisis, katanya, mengantisipasi masalah dari pengaturan moneter negara yang sangat longgar.

Robert Samson, seorang manajer portofolio multi-aset senior yang berbasis di Nikko Asset Management Singapura, melihat saham-saham Asia didukung oleh pendapatan yang kuat dan pertumbuhan yang secara struktural baik, telah menambah kelas aset ke posisi overweight Nikko.

Dia mengatakan rasio price-to-earning (PER) saham Asia di luar Jepang adalah sekitar 13 kali, jauh di bawah rata-rata dan terendah sejak awal 2016 ketika pasar juga cukup tertekan.

"Ini bukan untuk mengatakan mereka tidak bisa mendapatkan harga yanglebih murah lagi, tetapi kami melihat tingkat pembalikan yang wajar ketika stres mereda," katanya.

Aksi jual di pasar negara berkembang mengumpulkan momentum setelah Presiden AS Donald Trump pada Maret menandatangani memorandum yang menargetkan hingga US$ 60 miliar barang-barang China dengan tarif impor, memicu kekhawatiran perang perdagangan global.

Sejak itu, pasar saham China telah merosot hampir 15% dalam dolar dan Indonesia telah kehilangan 12% meskipun India telah meningkat 5%.

Data dari layanan riset Morningstar menunjukkan ekuitas pasar yang berkembang dan dana obligasi secara global membukukan arus keluar bersih pada bulan Mei dan Juni, membalikkan arus masuk yang terlihat pada bulan Januari hingga April.

Dalam usahanya mencari peluang, Kenneth Akintewe, kepala Utang Negara Asia di Aberdeen Standard Investments di Singapura, mempelajari posisi investor di setiap pasar. Obligasi Indonesia berubah dari posisi overweight terbesar timnya menjadi underweight pada akhir 2017 karena tingkat kepemilikan asing melonjak di atas 40%.

Tetapi dia sekarang dengan hati-hati kembali ke obligasi Indonesia, setelah hasil jangka panjang di sana melonjak di atas 8% setelah kejatuhan lira Turki.

Akintewe juga melihat peluang berbelanja di pasar obligasi berdenominasi dolar, seperti obligasi hasil tinggi Tiongkok dan real estat, serta pasar obligasi mata uang lokal di Malaysia.

Chuck Knudsen, spesialis portofolio di T. Rowe Price di Baltimore, mengatakan Turki memberinya kesempatan berinvestasi dalam saham bank swasta di Brasil dan India, perusahaan asuransi di Afrika Selatan dan China, serta saham internet dan kepemilikan keuangan di Rusia.

Knudsen mengatakan, valuasi pasar yang muncul berdasarkan PER 2019 telah turun ke tingkat diskon, dibandingkan dengan rata-rata historis mereka dan relatif terhadap pasar-pasar negara maju. "Brasil dan Afrika Selatan akan menjadi dua negara yang memiliki kelebihan dan kami suka," katanya.

Taruhan semacam itu bukan tanpa risiko. Untuk menahan dampak penurunan mata uang lokal di pasar negara berkembang, beberapa pengelola dana menggunakan posisi pendek dalam mata uang Asia yang menghasilkan imbal hasil rendah seperti dolar Taiwan dan baht Thailand sebagai lindung nilai.

Akintewe mengatakan timnya sekarang juga melihat peluang untuk menggunakan euro atau dolar Australia guna mendanai investasi Asia lainnya.

"Yang Anda khawatirkan adalah volatilitas versus dolar AS, tetapi kami tidak selalu harus mengungkapkan semua risiko mata uang kami terhadap dolar AS," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×