kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investasi kontrak berjangka indeks S&P 500 di Pluang minimal Rp 500.000


Selasa, 06 Oktober 2020 / 17:40 WIB
Investasi kontrak berjangka indeks S&P 500 di Pluang minimal Rp 500.000
ILUSTRASI. Claudia Kolonas, co-founder Pluang. Indeks yang menjadi aset dasar kontrak berjangka ini adalah indeks S&P 500.


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kalau Anda doyan membiakkan duit lewat kontrak berjangka indeks saham, kini Anda tidak harus membuka rekening di pialang berjangka. Perusahaan fintech, Pluang baru saja meluncurkan produk investasi kontrak berjangka Micro E-Mini S&P 500. Layanan ini bisa diakses melalui aplikasi Pluang hanya dalam tiga ketukan dengan minimal transaksi Rp 500.000. 

Sesuai namanya, indeks yang menjadi aset dasar kontrak berjangka ini adalah indeks S&P 500. Claudia Kolonas, Co-Founder Pluang, mengatakan, produk indeks berjangka ini ditransaksikan di bursa derivatif terbesar di dunia, Chicago Mercantile Exchange. 

Menurut Claudia, pihaknya memilih menawarkan kontrak berjangka indeks S&P 500 karena indeks tersebut memiliki kinerja unggul. Pertumbuhannya mencapai 325,54% dalam 10 tahun terakhir, per 31 Desember 2019.

Sementara, dalam lima tahun terakhir, indeks ini memberikan pertumbuhan imbal hasil 75,89%. Dalam tiga tahun terakhir indeks ini tumbuh 48,7%. Dengan begitu, indeks S&P 500 menunjukkan tren pergerakan yang positif dalam jangka waktu panjang.

Baca Juga: Aplikasi Pluang menawarkan investasi Micro E-Mini S&P 500 index futures

Claudia berharap produk pluang S&P 500 ini bisa menambah alternatif instrumen investasi yang lebih luas terhadap produk keuangan mancanegara secara mudah, aman dan terjangkau. "Keunggulan Pluang ada pada aplikasi yang kami rancang akan mudah digunakan oleh investor pemula," kata Claudia. Proses investasi di mirco e-mini S&P 500 futures ini dapat dilakukan hanya dalam tiga ketukan; pilih buy pada indeks S&P 500-masukkan number of units yang ingin dibeli-pilih swipe up to complete

Selain praktis, Claudia mengatakan transaksi investasi di mirco e-mini S&P 500 futures di Pluang sangat terjangkau karena minimal transaksi di aplikasi Pluang kurang lebih mulai dari Rp 500.000. 

Sekedar informasi, dalam dunia trader kontrak berjangka terdapat pilihan akun strandar (reguler), mini dan micro. Sesuai namanya, transaksi mirco e-mini S&P 500 futures merupakan akun yang memungkinkan trader bertransaksi dengan ukuran terkecil, atau sepersepuluh akun mini atau seperseratus akun standar.

Baca Juga: Gandeng Pluang, Dompet Digital DANA tawarkan investasi emas

Per lot dipatok US$ 1,000 (0,01 lot). Oleh karena itu investasi mirco e-mini S&P 500 futures di Pluang bisa lebih terjangkau daripada di perusahaan berjangka yang biasanya hanya menawarkan akun standar dan mini. Produk ini pun menjadi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang dikeluarkan oleh perusahaan fintech. 

Penjualan dan penarikan dana di aplikasi Pluang dapat dilakukan secara realtime. Artinya, tidak ada penundaan dalam mencairkan dana. Meski produk ini dalam denominasi dolar AS, aplikasi Pluang memberi kemudahan pada investor untuk bisa memilih ingin menggunakan saldo dalam denominasi rupiah maupun dolar AS. 

Tenang saja, semua transaksi yang tercatat dalam Pluang S&P 500 diawasi Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) dan dijamin oleh PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) sehingga pengguna dapat dengan tenang mengatur rencana keuangannya sesuai jangka waktu yang diinginkan.

Baca Juga: Dinilai punya peluang, pemain fintech berlomba hadirkan fitur investasi emas

Pluang bersama PG Berjangka juga memiliki izin Penyaluran Amanat Nasabah ke Bursa Luar Negeri (PALN) oleh Bappebti. PALN adalah kegiatan penawaran kontrak dan menyalurkan Amanat Nasabah untuk kontrak tersebut dengan menggunakan sistem yang disediakan oleh bursa. Aturan itu dibuat untuk menumbuhkan industri multilateral dalam dunia perusahaan berjangka di Indonesia, dan PG Berjangka berkomitmen membantu misi Bappebti tersebut.

Pada prosesnya, dana yang Pluang terima untuk pembelian Pluang S&P 500 (Micro E-Mini S&P 500 Index Future) akan langsung diteruskan ke akun segregate PG Berjangka dan kemudian kepada PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) sehingga transaksi nasabah aman. 

Baca Juga: Menjanjikan, investasi emas di e-commerce diprediksi makin diminati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×