kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indeks S&P 500 reli untuk hari kedua, investor menunggu paket stimulus US$ 2 triliun


Kamis, 26 Maret 2020 / 05:44 WIB
Indeks S&P 500 reli untuk hari kedua, investor menunggu paket stimulus US$ 2 triliun
ILUSTRASI. A trader wears a face mask, following traders testing positive for Coronavirus disease (COVID-19), as he exits the trading floor of the New York Stock Exchange (NYSE) in New York, U.S., March 19, 2020. REUTERS/Lucas Jackson


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Indeks S&P 500 ditutup menguat untuk sesi kedua berturut-turut pada perdagangan Rabu (25/3). Jelang pemungutan suara senat Amerika Serikat (AS) mengenai paket stimulus US$ 2 triliun untuk mendukung perekonomian yang terkena imbas pandemi virus corona.

Melansir Reuters, Dow Jones Industrial Average naik 2,39% menjadi berakhir pada 21.200,55 poin, sementara S&P 500 naik 1,15% menjadi 2.475,56.

Sedangkan, indeks Nasdaq Composite turun 0,45% menjadi 7.384,30, melepaskan keuntungan sebelumnya.

Baca Juga: Sempat rebound, Wall Street melemah lagi karena kekhawatiran akan corona belum reda

Saham Boeing melonjak 24%, membawa keuntungannya selama tiga sesi terakhir menjadi hampir 70%. Investor bertaruh pada dukungan pemerintah untuk industri dirgantara dan juga maskapai penerbangan. Grup American Airlines, United Airlines Holding dan Delta Air Lines masing-masing melonjak lebih dari 10%.

Boeing, yang merupakan simbol kekuatan manufaktur AS, tapi tetap turun lebih dari 50% sejak pertengahan Februari.

Asal tahu, Rabu menandai pertama kalinya sejak 12 Februari bahwa S&P 500 naik dua hari berturut-turut. Bahkan setelah tergelincir dari level tertingginya, kenaikan 14% Dow selama dua sesi adalah kinerja dua hari terkuat sejak 1987.

"Apa yang telah dilakukan stimulus fiskal dan moneter memungkinkan pasar pulih," kata Justin Hoogendoorn, kepala strategi pendapatan tetap di Piper Jaffray di Chicago.

Para pembantu penting bagi Presiden Republik Donald Trump dan senior Senat dari Partai Republik dan Demokrat mengatakan mereka telah menyetujui RUU stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Mencakup dana US$ 500 miliar untuk membantu industri yang terpukul keras dan jumlah yang sebanding untuk pembayaran langsung hingga US$ 3.000 masing-masing untuk jutaan orang.

Namun, Senator Bernie Sanders, calon presiden dari Partai Demokrat mengatakan dia siap untuk menunda RUU itu kecuali sekelompok senator Republik melepaskan keberatan mereka pada bahasa karena tunjangan pengangguran dalam undang-undang.

Anggota Dewan dari Partai Republik Kevin McCarthy mengatakan dia ingin anggota Dewan memiliki setidaknya 24 jam setelah pemilihan anggota Senat untuk meninjau RUU tersebut.

Baca Juga: Sore hari, harga emas melemah 1,60% ke US$ 1.606,25 per ons troi

Dengan kekhawatiran akan resesi global dan gagal bayar perusahaan yang tinggi, dan ekspektasi akan meningkatnya kasus virus corona di Amerika Serikat, banyak investor tetap enggan untuk mengakhiri aksi jual di pasar Wall Street.

"Kami masih dalam fase di mana kami harus berhati-hati," Rob Roborth memperingatkan, ahli strategi investasi senior untuk Bank Wealth Management A.S.

"Kami belum tahu kapan langkah-langkah jarak sosial ini akan berakhir, dan bukti untuk saat ini adalah bahwa mereka akan terus berkembang."

Data yang jatuh tempo pada hari Kamis kemungkinan akan menunjukkan klaim pengangguran mingguan AS melonjak menjadi 1 juta karena perusahaan mengumumkan PHK dan ketika karantina wilayah di seluruh negara memaksa bisnis untuk menutup toko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×