kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Imbauan WFH menguntungkan emiten media dan streaming


Senin, 06 April 2020 / 18:45 WIB
Imbauan WFH menguntungkan emiten media dan streaming
ILUSTRASI. Warga beraktivitas di rumahnya di Kelurahan Mappala, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (25/3/2020). Emiten media diuntungkan oleh imbauan pemerintah agar masyarakat bekerja di rumah atau WFH.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten media diuntungkan oleh imbauan pemerintah agar masyarakat bekerja, belajar, dan beribadah di rumah atau singkatnya work from home (WFH).

Salah satu emiten media yang diuntungkan dengan adanya imbauan tersebut adalah PT Surya Citra Media Tbk (SCMA). Emiten yang memiliki layanan streaming Vidio itu mengklaim ada kenaikan traffic pada program-program yang disediakannya.

"Kenaikan traffic terutama di jam 06.00 hingga 14.00 WIB. Namun traffic tertinggi masih seperti biasa terjadi di jam 18.00 hingga 22.00 WIB," jelas Chief of Product Vidio Hadikusuma Wahab kepada Kontan.co.id, Senin (6/4).

Baca Juga: Ini panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri di tengah pandemi corona dari Kemenag

Selain itu, konten-konten dengan durasi panjang semakin banyak ditonton oleh konsumen. Misalnya, FTV, Vidio Original Series, Sinetron, TV Series dan Film.  Menurut Hadikusuma, masyarakat kini memiliki lebih banyak waktu untuk mengakses layanan streaming sehingga konten-konten berdurasi panjang semakin diminati. Selain itu, konten animasi dan anak-anak juga naik seiring dengan imbauan pemerintah agar masyarakat belajar dari rumah.

Akan tetapi, kenaikan paling signifikan tetap dirasakan pada tayangan program berita, naik hingga tiga kali lipat. "Karena user mengikuti perkembangan berita terkait Covid-19," jelas Hadikusuma lagi.

Tidak jauh berbeda, kenaikan konsumen juga dirasakan oleh emiten yang bernaung di bawah MNC Group, PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV). "Dengan adanya pandemi Covid-19 akses layanan streaming kami mengalami peningkatan signifikan," kata Daniel Hartono, Managing Director MNC Vision Networks, kepada Kontan.co,id, Senin (6/4). Apalagi saat ini, masyarakat memiliki kebiasaan menghabiskan sebagian besar waktunya di depan gadget.

Baca Juga: Awas, email malware terkait virus corona bertebaran, begini tips menghindarinya

Melihat peluang yang ada, kedua perusahaan itu sama-sama menyediakan program khusus selama imbauan bekerja, belajar, dan beribadah di rumah diterapkan. IPTV misalnya mengadakan program spesial #dirumahaja untuk beragam lapisan penonton. Misalnya, Just For Kids untuk program hiburan untuk anak-anak mengisi waktu luang mereka selama di rumah. Program olahraga dengan tayangan olahraga yang dapat dipraktekkan di rumah. Tidak ketinggalan program religi.

Tidak jauh berbeda dengan IPTV,  SCMA melalui Vidio memanfaatkan momentum ini dengan campaign Vidio Bebas Nonton selama bulan April. "Para pengguna bisa mendapatkan paket Vidio Premier selama 14 hari dengan mengunduh aplikasi VIDIO di Android, iOS atau Smart TV," imbuh Hadikusuma. Pengguna aplikasi Vidio juga bisa menonton film secara gratis dan legal dengan voucer khusus selama periode tersebut.

Selain itu, Vidio bekerjasama dengan Samara Live, MRA Media, dan Bank OCBC NISP menyelenggarakan The First Live Streaming Festival berbasis online melalui event #TAYTB Live Stream Fest. "Mengingat banyaknya festival-festival yang dibatalkan karena pandemi Covid-19 ini," kata Hadikusuma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×