kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IHSG terperosok, reksadana pasar uang mencetak kinerja paling mentereng sepekan lalu


Senin, 11 Mei 2020 / 16:00 WIB
IHSG terperosok, reksadana pasar uang mencetak kinerja paling mentereng sepekan lalu
ILUSTRASI. Hampir seluruh kinerja reksadana turun sepanjang pekan kemarin.


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) harus kembali ke zona merah pada akhir penutupan pekan lalu. IHSG tercatat turun sebesar 2,52%. Dengan koreksi IHSG tersebut, hampir seluruh kinerja reksadana turun sepanjang pekan kemarin.

Merujuk dari laporan Infovesta Utama, satu-satunya produk reksadana yang berhasil mencatatkan kinerja positif adalah reksadana pasar uang. Sementara reksadana berbasis saham dan reksadana pendapatan tetap kompak mencatatkan kinerja negatif. Reksadana pasar uang naik 0,10% dalam sepekan.

Baca Juga: Schroders membeli lebih banyak green bond di masa pandemi

Dengan terpuruknya IHSG, reksadana berbasis saham menjadi reksadana dengan kinerja paling buruk. Reksadana saham terkoreksi 2,32% sepanjang pekan lalu. Sedangkan reksadana campuran juga turun 1,37%.

Reksadana pendapatan tetap terkoreksi 0,68% seiring dengan kinerja obligasi pemerintah yang juga turun 0,55% dalam sepekan kemarin. Sementara catatan positif obligasi korporasi yang tumbuh 0,11% tidak mampu mendongkrak kinerja reksadana pendapatan tetap secara keseluruhan.

Baca Juga: Ingin bebas finansial di usia muda? Simak tips dari para perencana keuangan ini

Berikut masing-masing reksadana yang memiliki return tertinggi secara year on year pada 8 Mei 2020. Reksadana saham dengan return tertinggi dipegang oleh Batavia Campuran Utama sebesar 11,11%.

Sementara untuk reksadana pendapatan tetap, return tertinggi dipegang oleh Insight Simas Asna Pendapatan Tetap Syariah I Asna sebesar 17,62%. Lalu untuk reksadana pasar uang, Syailendra Money Market Fund merupakan yang tertinggi dengan return sebesar 7,44%.

Berikutnya, reksadana indeks & ETF yang memiliki return tertinggi adalah ABF IBI Fund sebesar 7,57%. Kemudian, return reksadana pendapatan tetap USD dipegang oleh Maestro Dollar sebesar 5,04%.

Baca Juga: Pandemi covid-19 tidak menghalangi investor asing buru global bond BUMN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×