kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga platinum hanya bertenaga untuk menguat tipis


Selasa, 13 November 2018 / 20:05 WIB
Harga platinum hanya bertenaga untuk menguat tipis
ILUSTRASI. Platinum


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prospek harga komoditas platinum tahun ini tampaknya akan menguat terbatas. Sentimen di pasar masih mengindikasikan harga komoditas logam ini berpotensi naik dibanding industri logam lainnya.

Mengutip dari Bloomberg, harga platinum di New York Exchange Merchantile (Nymex) kontrak Januari 2019, harga platinum naik 0,11% menjadi US$ 846,30 per ons troi. Namun, selama sepekan harga platinum turun 2,89% dari yang sebelumnya US$ 871,50 per ons troi.

Analis Asia Tradepoints Futures, Andri Hardianto mengatakan, harga komoditas "little silver" ini masih akan cenderung menguat terbatas. Ia menyebutkan kenaikan harga tak lepas karena pasar melakukan profit taking dan harga platinum selama sepekan sempat turun.

“Itu sebabnya secara fundamental akan ada koreksi dan menguat terbatas saja,” ujar andri kepada KONTAN, Selasa (13/11).

Sedangkan sempat turun selama sepekan, Andri menyebut faktor utamanya adalah permintaan platinum semakin menurun. Seperti yang diketahui sektor otomotif adalah konsumen utama yang menggunakan platinum.

Nah, semenjak skandal manipulasi tes polusi yang dilakukan perusahaan mobil Volkswagen beberapa waktu lalu, permintaan platinum pun semakin tergerus. Karena hal itulah, sepanjang bulan Oktober, Andri menuturkan data harga platinum dari Zimbabwe turun 8%.

“Jadi wajar saja kalau harga platinum kembali melemah. Karena tidak ditopang oleh fundamental yang kuat. Ditambah ketidakpastian global, di mana harga emas spot sempat melemah, dan platinum merupakan komoditas yang hampir mirip dengan emas,” ungkapnya.

Kendati demikian, harga platinum pun mulai beranjak lagi hari ini. Dan akhir tahun, Andri menganggap bahwa harga platinum masih akan menguat. Ia memproyeksi akhir tahun harga platinum akan naik jika adanya permintaan dari sektor perhiasan dari India dan China. “Paling tidak harga akan kuat di tengah melejitnya dollar,” kata Andri.

Andri memproyeksi harga platinum besok akan menguat di level US$ 840 per ons troi hingga US$ 850 per ons troi. Sementara sepekan, harga akan menguat di level US$ 860 per ons troi hingga US$ 870 per ons troi. Nah, akhir tahun sendiri harga platinum mampu menyentuh US$ 900 per ons troi hingga US$ 950 per ons troi.

Sedangkan secara teknikal, Andri melihat harga platinum berada di bawah moving average (MA) 50 dan diatas MA 100 dan MA 200. Sementara indikator stochastic berada di area 44,16 yang mengindikasi layak jual. Dan indikator RSI berada di area 14 yang mengindikasikan platinum berada di level yang netral. Selanjutnya indikator MACD yang berada di level 6,06 yang mengindikasikan layak beli. Sehingga Andri merekomendasikan beli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×