kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga anjlok, Arab Saudi jual minyak ke AS 600.000 barel per hari pada April


Sabtu, 18 April 2020 / 10:27 WIB
Harga anjlok, Arab Saudi jual minyak ke AS 600.000 barel per hari pada April
ILUSTRASI. FILE PHOTO: A general view shows Mexican state oil firm Pemex's Cadereyta refinery, in Cadereyta, Mexico October 5, 2019. Picture taken October 5, 2019. REUTERS/Daniel Becerril/File Photo


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Di tengah penurunan harga minyak, Arab Saudi akan menjual sekitar 600.000 barel per hari minyak mentah ke Amerika Serikat pada April 2020. Ini adalah volume permintaan tertinggi untuk pabrik penyulingan Amerika dalam satu tahun menurut pejabat industri di Arab Saudi seperti dikutip Bloomberg

Pada Jumat (17/4) harga minyak mentah jenis WTI di Bursa Nymex untuk pengiriman Mei 2020 telah jatuh 8,05% di US$ 18,27 per barel. Ini adalah level terendah minyak sejak tahun 2001. Sedangkan minyak jenis brent di Bursa ICE untuk pengiriman Juni 2020 justru naik 0,93% di US$ 28,08 per barel. 

Pengiriman ini telah disetujui oleh pabrik pengilangan karena Arab Saudi meningkatkan produksi ke rekor tertinggi 12,3 juta barel per hari pada bulan ini. Padahal pada saat yang sama permintaan di Amerika Serikat jatuh cukup dalam karena lockdown untuk mencegah pandemi Covid 19. 

Baca Juga: Efek Covid-19, Sri Mulyani ingatkan harga minyak bisa jebol ke level US$ 18 per barel

Saudi Arabian Oil Co perusahaan milik pemerintah mengatakan, perusahaan ini baru akan memangkas produksi menjadi 8,5 juta barel per hari sebagai bagian dari perjanjian OPEC + dengan Rusia dan produsen utama lainnya. Pada bulan Mei, alokasi pengiriman permintaan untuk pengilang AS mungkin belum selesai, tetapi telah akan sedikit berkurang dan akan memicu beberapa pengilang untuk mengurangi pesanan mereka, kata pejabat yang sama.

Minyak mentah Arab Light untuk pengiriman Mei ke AS telah terdiskon 75 sen per barel untuk Argus Sour Crude Index, dibandingkan dengan US$ 3,75 pada April.

Alokasi tersebut biasanya berdasarkan pengiriman bulanan secara aktual dan kadang-kadang beberapa kapal tanker pada bulan berbeda kegiatan operasi tergelincir beberapa hari. Aramco tampaknya telah mengirim ke AS di hari-hari pertama April, menurut data pelacakan kapal tanker yang disusun oleh Bloomberg

Baca Juga: Minyak Brent melonjak 2,7% setelah Trump jabarkan rencana pelonggaran pembatasan

Dalam tujuh hari pertama bulan itu, Aramco memuat tujuh kapal induk minyak mentah yang sangat besar yang masing-masing mampu mengangkut dua juta barel dan menandakan AS sebagai tujuan akhir. Namun, sejak itu, Aramco hanya memuat dua tanker lagi.

Aliran minyak mentah Saudi ke AS diawasi dengan ketat ketika Amerika mempublikasikan informasi data kustom waktu dekat yang memungkinkan para pedagang mengetahui kapan minyak tiba. AS juga mempublikasikan data mingguan inventaris minyak, dan lebih banyak minyak mentah Saudi ke AS dapat berkontribusi pada stok yang lebih tinggi.

AS mengimpor 401.000 barel per hari minyak mentah dari Arab Saudi pada Januari, menurut data bulanan terbaru yang tersedia dari Administrasi Informasi Energi AS.

Baca Juga: Minyak Brent melonjak 2,7% setelah Trump jabarkan rencana pelonggaran pembatasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×