kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,60   5,14   0.56%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Golden Energy Mines akuisisi empat perusahaan batubara senilai US$ 59 juta


Selasa, 04 September 2018 / 18:00 WIB
Golden Energy Mines akuisisi empat perusahaan batubara senilai US$ 59 juta
ILUSTRASI. PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS)


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) merealisasikan ekspansi anorganiknya. Entitas usaha Grup Sinarmas ini baru saja meneken akuisisi saham empat entitas milik perusahaan asal India, GMR Infrastructure Ltd..

Keempatnya adalah PT Dwikarya Sejati Utama, PT Duta Surana Internusa, PT Unsoco dan PT Barasentosa Lestari. Nilai akuisi tersebut sebesar US$ 59,27 juta. "Itu untuk 100% saham," ujar Presiden Direktur GEMS, Bonifasius kepada KONTAN, Selasa (9/4).

Asal tahu saja, sudah sejak lama GMR menerima pinangan GEMS. Perjanjian jual beli bersyarat atau conditional share purchase agreement (CSPA) atas akuisisi tersebut sudah diteken kedua belah pihak pada Mei tahun lalu.

Akuisisinya didanai dengan kas internal perusahaan. Berdasarkan laporan keuangan GEMS kuartal II 2018, kas dan setara kas awal periode sebesar US$ 175,04 juta. Sedang posisi di akhir periode US$ 35 juta.

Akuisisi tersebut juga mengalihkan semua utang kepada GEMS. Oleh sebab itu, bersamaan dengan proses akuisisi, GEMS juga meneken assignment agreement mandatory convertible bond milik Duta Surana Internusa.

Utang yang terdapat di neraca keuangan Barasentosa Lestari juga dikonsolidasikan ke dalam keuangan GEMS. Meski demikian, manajemen tak khawatir.

Sebab, Barasentosa Lestasi merupakan aset operasional. Sehingga, perusahaan bisa membayar utang yang sumber dananya berasal dari keuntungan operasi di periode mendatang.

Akuisisi tersebut justru memberikan nilai lebih bagi GEMS. "Investasi ini menambah cadangan batubara perusahaan 194 juta ton," imbuh Bonifasius.

GEMS saat ini memiliki sumber daya batubara sebesar 2,5 miliar ton. Dari jumlah tersebut, sebesar 837,9 juta ton merupakan cadangan batubara milik perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×