kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Emas terus turun terimbas spekulasi The Fed rate


Selasa, 24 Mei 2016 / 06:36 WIB
Emas terus turun terimbas spekulasi The Fed rate


Sumber: MarketWatch,Xinhua | Editor: Yudho Winarto

NEW YORK. Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir turun untuk hari keempat berturut-turut pada Senin (Selasa pagi WIB). Menyusul harapan bahwa The Fed mungkin akan menaikkan suku bunga segera setelah bulan depan mendorong harga logam mulia tersebut ke level terlemahnya sejak akhir April lalu

Emas untuk pengiriman Juni turun US$ 1,40 atau 0,1 %, untuk menetap di level $ 1.251,50 per ons troi, dengan harga penutupan pada pekan lalu berada di level terendah sejak 27 April, emas berjangka anjlok sekitar 1,6 %.

Analis mencatat bahwa ketika ekuitas membukukan kerugian, logam mulia biasanya naik, karena investor mencari tempat yang aman. Sementara itu, sebaliknya ketika ekuitas AS membukukan keuntungan maka logam mulia biasanya melemah.

Gubernur Federal Reserve St. Louis, James Bullard, anggota voting dari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), menggemakan bahwa pasar tenaga kerja yang relatif ketat di Amerika Serikat dapat menempatkan tekanan pada inflasi, mendukung kasus untuk suku bunga yang lebih tinggi.

Juga pada Senin, Gubernur Fed San Francisco John Williams mengatakan bahwa kenaikan suku bunga dua sampai tiga kali tahun ini adalah wajar dan bahwa inflasi berada di jalur untuk memenuhi target Fed 2 % pada tahun depan, menurut laporan media.

Para analis mencatat bahwa pernyataan dua pejabat Fed itu 'mendorong ekspektasi bahwa Fed bisa menaikkan suku bunga pada Juni, memperpanjang tekanan pada emas berjangka dalam perdagangan Senin.

Menurut alat Fedwatch CMEGroup's, probabilitas tersirat saat ini untuk kenaikan suku bunga acuan Fed dari 0,50 % menjadi 0,75 % adalah 30 % untuk pertemuan Juni.

Para pedagang sedang menunggu laporan penjualan rumah baru yang akan dirilis pada Selasa, bersama dengan data perdagangan internasional dalam barang pada Rabu, barang tahan lama dan klaim pengangguran mingguan pada Kamis, serta laporan produk domestik bruto AS pada Jumat.

Perak untuk pengiriman Juli turun 10,90 sen, atau 0,66 %, menjadi ditutup pada US$ 16,423 per ons troi. Platinum untuk pengiriman Juli turun US$ 10,20, atau 1,00 %, menjadi ditutup pada US$1.013,10 per ons troi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×