kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,60   5,14   0.56%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dollar Australia kalah pamor dengan yen


Kamis, 13 Juni 2019 / 16:56 WIB
Dollar Australia kalah pamor dengan yen


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dollar Australia nampak melemah terhadap beberapa major currency, tak terkecuali yen. Pergerakan mata uang negara Kangguru jeblok setelah Australian Bureau of Statistics melaporkan data pengangguran Australia yang bernada negatif.

Berdasarkan data Bloomberg, Kamis (13/6) pukul 15.54 WIB pasangan mata uang AUD/JPY melemah 0,38% di level 74,892. Badan Statistik Australia itu melaporkan pengangguran di Australia per bulan Mei berada di level 5,2%. Angka ini masih di bawah ekspektasi sebesar 5,1%, tapi masih sama dengan pencapaian periode sebelumnya di level 5,2%.

Analis PT Astonacci International Anthonius Edyson menilai data tersebut menunjukkan indikasi pelemahan ekonomi di Australia. Jumlah orang yang menganggur adalah sinyal penting dari kesehatan ekonomi secara keseluruhan karena belanja konsumen berkorelasi dengan kondisi pasar tenaga kerja.

Di sisi lain kemarin malam, Australian Bureau of Statistics juga melaporkan data pertumbuhan pekerja baru Australia. Rilis tersebut melaporkan jumlah pekerja di Australia bulan Mei bertambah 42.300 orang. Angka ini di atas ekspektasi sebanyak 16.000, tapi masih di bawah hasil periode April di level 43.100 orang.

Edyson menerangkan pertumbuhan pekerja baru adalah indikator penting dari pengeluaran konsumen, yang merupakan mayoritas dari keseluruhan kegiatan ekonomi.

Sementara, mata uang yen masih dianggap sebagai safe haven, sejak awal pekan ini ketika Amerika Serikat (AS) dan Jepang membahas kesepakatan dagang. “Keduanya terus membahas soal dagang, kemungkinan ada penyelesaian yen jadi semakin kuat,” kata Edyson kepada Kontan.co.id, Kamis (13/6).

Berdasarkan price action analisis, Edyson mengamati AUS/JPY terlihat berada dalam tren bearish di mana konfirmasinya adalah pembentukan pola drop base drop. Sementara, pergerakan Aud/JPY masih berada di bawah moving average (MA) 50, MA 100, dan MA 200. Makanya dia merekomendasikan sell on strength untuk pasangan mata uang ini.

Edyson meramal pasangan mata uang AUD/JPY pada perdagangan selanjutnya bakal berkutat di rentang support 72,320-73,390, sementara level resistance antara 76,030-76,920.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×