kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,13   1,49   0.16%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diprediksi mengalami resesi, pencarian dana di pasar modal tidak terpengaruh


Senin, 07 September 2020 / 07:08 WIB
Diprediksi mengalami resesi, pencarian dana di pasar modal tidak terpengaruh
ILUSTRASI. Pengunjung melintas dekat papan edukasi investasi di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Kenia Intan | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat ini Indonesia berada di ambang resesi. Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia kuartal II 2020 turun 5,32%.  Jika perekonomian Indonesia di kuartal III nanti masih tercatat minus, maka Indonesia secara teknis mengalami resesi mengikuti beberapa negara lain.

Walau begitu, Kepala Riset Praus Capital Alfred Nainggolan melihat status Indonesia mengalami resesi nanti tidak akan mempengaruhi minat pencarian dana di pasar modal.

Menurutnya, Indonesia memang akan mengalami resesi, akan tetapi kontraksi ekonomi yang dialami tidak akan lebih besar dibanding kuartal sebelumnya.

"Pasar juga akan melihat pemulihan di kuartal III dari kuartal II. Itu akan menjadi gambaran bagaimana di kuartal IV nanti," ungkapnya ketika dihubungi Kontan.co.id, Minggu (6/9).

Baca Juga: Kondisi ekonomi membaik, pencarian dana di pasar modal meningkat

Oleh karenanya, lanjut Alfred, optimisme pelaku pasar juga akan membaik. Pelaku pasar akan lebih berani karena perekonomian sedang dalam tren pemulihan. Dengan demikian, pencarian dana kemungkinan juga akan meningkat.

Alfred memperkirakan kontraksi ekonomi di kuartal III pun cenderung lebih baik dibanding kuartal sebelumnya. Hal ini terdorong realisasi belanja pemerintah di kuartal III yang lebih besar.

Di samping itu, kondisi kredit perbankan juga mulai membaik. Dari global pun perekonomian Indonesia akan terdorong katalis positif dari negara-negara lain yang mulai membaik, misalnya saja kondisi ekonomi China.

Melihat kondisi ini, Alfred pun memprediksi pencarian dana di pasar modal tidak akan jauh berbeda dengan kondisi sejauh ini, bahkan berpotensi meningkat.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×