kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciputra Development (CTRA) sebut tingkat kunjungan ke mal mulai mendekati normal


Minggu, 11 April 2021 / 13:31 WIB
Ciputra Development (CTRA) sebut tingkat kunjungan ke mal mulai mendekati normal
ILUSTRASI. Ciputra Development (CTRA) sebut tingkat kunjungan ke mal mulai mendekati normal.


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Lembaga riset PT CLSA Indonesia menjelaskan bahwa kunjungan ke pusat perbelanjaan di Indonesia sudah mencapai 40%-50% dari kondisi normal sebelum pandemi Covid-19. 

Lebih lanjut CLSA menjelaskan kondisi kunjungan di mall kelas menengah dan atas tercatat lebih baik dibandingkan kelas menengah bawah yang masih dikisaran 40% dari kondisi normal. 

Tingkat kunjungan juga dirasakan mulai meningkat mendekati masa Ramadhan. CLSA memproyeksikan momentum lebaran akan membantu meningkatkan penjualan gerai low-end, walau hasilnya masih jauh dari pencapaian di masa normal lantaran daya beli masyarakat belum pulih sepenuhnya.

CLSA memprediksi penjualan gerai ritel di kelas menengah atas bisa mencapai 75% dari pencapaian penjualan lebaran 2019 dan kelas bawah di kisaran 45%-50%. 

Baca Juga: Ciputra (CTRA) raup penjualan hingga Rp 1,1 triliun hingga Februari berkat insentif

Direktur Ciputra Development, Harun Hajadi, menjelaskan kunjungan di mall milik PT Ciputra Development Tbk (CTRA) mulai mengalami pemulihan, yaitu rata-rata sekitar 65% dari kondisi normal sebelum Covid-19. Pemulihan ini didorong oleh menurunnya kasus Covid-19, namun di sisi lain masih terbatas karena jam operasional masih dibatasi hingga pukul 21.00. 

"Tenant rata-rata masih berusaha bertahan, okupansi masih belum terganggu terlalu banyak, akan tetapi memang pembayaran mereka harus dibantu," jelas Harun kepada Kontan, Sabtu (10/4). 

 

Harun juga menjelaskan biasanya menjelang bulan puasa dan lebaran mall akan ramai, apalagi menjelang buka puasa. Tempat berbuka puasa akan dipenuhi pengunjung. Namun kali ini, CTRA belum bisa meprediksi kondisi akan seperti apa. Dus, Harun berharap jam operasional bisa dikembalikan seperti normal yaitu hingga pukul 22.00 dengan syarat protokol benar-benar diterapkan. 

"Saya juga usul sebenarnya batas jumlah pengunjung 50% terlalu rendah, 75% masih sangat aman," imbuhnya. 

Lebih lanjut, tahun ini CTRA akan fokus untuk menjaga trafik di bisnis mall. Sebab apabila trafik terjaga maka tenant juga akan terjaga. Saat ini pusat belanja alias mall yang dimiliki CTRA bergerak di kelas menengah A dan B.

Selanjutnya: Simak rekomendasi saham pilihan dua analis untuk perdagangan Senin (5/4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×