kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Chandra Asri (TPIA) memperkuat fundamental jangka panjang


Minggu, 23 September 2018 / 19:12 WIB
Chandra Asri (TPIA) memperkuat fundamental jangka panjang
ILUSTRASI. Kompleks petrokimia terpadu PT Chandra Asri Petrochemical Tbk


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Fase pencarian dana besar-besaran untuk ekspansi PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) telah berakhir. Sekarang, saatnya mulai memetik hasil awal ekspansi tersebut.

Suryandi, Direktur TPIA menjelaskan, perusahaan selalu memakai basis pertumbuhan ekonomi untuk pertumbuhan pendapatan dari segmen produk polietilen dan polipropilena. Asumsinya, perekonomian tumbuh sekitar 5% tahun depan.

"Maka pertumbuhan keduanya sekitar 7%-8%," ujar Suryandi kepada Kontan.co.id, Jumat (23/9).

Asal tahu saja, polietilen dan polipropilen merupakan bahan baku di industri plastik. Keduanya merupakan produk utama TPIA.

Hal itu tercermin dari dominasi kedua produk tersebut terhadap total pendapatan penjualan perusahaan di pasar domestik. Semester I-2018, pendapatan keduanya sebesar US$ 572,16 juta, setara sekitar 59% dari total pendapatan US$ 968,91 juta.

Target itu memang konservatif. Target serupa juga digunakan untuk posisi kinerja hingga akhir tahun ini. Namun, masih ada peluang bagi TPIA untuk mencetak kinerja keuangan yang lebih moncer.

Ana Park, analis Macquarie Securities Korea Limited memprediksi, komoditas polietilen global bakal keluar dari kondisi kelebihan pasokan atawa oversupply pada 2019. Itu karena menurunnya kapasitas produksi polietilen Asia.

Bahkan, penurunannya mencapai 61% dari semula mendekati level 1,4 juta ton tahun ini menjadi kurang dari 400.000 ton tahun depan. "Itu akan baik bagi laba operasi TPIA," tulis Ana dalam riset 19 September.

Penurunan tersebut akan membuat margin polietilen global naik menjadi US$ 78 per ton tahun depan. Ana bilang, setiap kenaikan margin polietilen sebesar US$ 10 per ton akan membuat laba operasi TPIA naik US$ 3,4 juta ton.

Itu menjadi salah satu alasan Ana masih mempertahankan rating outperform saham TPIA. Target harganya 12 bulan ke depan sebesar Rp 5.742 per saham. Akhir pekan lalu, saham TPIA naik 105 poin ke level Rp 5.025 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×