kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bidik peluang, Sejahtera Bintang Abadi (SBAT) genjot ekspor ke Amerika Latin


Minggu, 13 September 2020 / 11:19 WIB
Bidik peluang, Sejahtera Bintang Abadi (SBAT) genjot ekspor ke Amerika Latin
ILUSTRASI. Pabrik tekstil PT Sejahtera Bintang Abadi Textile Tbk (SBAT)


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perdagangan menyoroti langkah-langkah dunia usaha dalam memajukan ekspor produk-produk unggulan Indonesia ke luar negeri. Para pengusaha didorong menciptakan berbagai inovasi dan terobosan di tengah pandemi Covid-19 agar produknya mampu bersaing di pasar global. 

Pemerintah mendukung peluang ekspor komoditas Indonesia, termasuk tekstil dan produk tekstil (TPT) lewat sejumlah kebijakan serta sejumlah strategi seperti pelatihan, penyederhanaan perizinan, dan insentif. Penerbitan Surat Keterangan Asal (SKA) barang ekspor juga didorong untuk dipercepat. 

Dari data yang dimiliki Kemendag, pada semester I-2020, ekspor produk TPT Indonesia tercatat mencapai US$ 5,01 miliar. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat seiring mulai membaiknya situasi ekonomi dunia karena banyak negara yang mulai melakukan penelitian vaksin Covid-19.

PT Sejahtera Bintang Abadi Textile Tbk (SBAT) salah satu yang terus menggali peluang pasar ekspor, salah satunya menggenjot ekspor ke Amerika Latin. Perusahaan ini telah berhasil melebarkan sayap ekspornya dari Asia ke Afrika, Amerika Latin dan Eropa. 

Baca Juga: Saham PT Sejahtera Bintang Abadi Textile Tbk (SBAT) dalam pengawasan BEI

“Dalam kesulitan pasti ada jalan. Saat awal-awal Covid-19, pasar utama kami di Asia terhambat. Tapi sekarang, produk benang kami telah tembus ke Eropa, yakni Belgia, Rusia, Kroasia dan Ukraina dan beberapa negara Amerika Latin seperti Cili, Uruguay dan Kolombia,” kata Direktur Utama SBAT Jefri Junaedi dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Minggu (13/9).

Dia menambahkan, SBAT akan terus meluaskan pasarnya di Amerika Latin yang memang punya kebutuhan akan industri tekstil, terutama benang untuk bahan baku alas kaki. Hal ini sesuai dengan harapan Duta Besar RI untuk Argentina merangkap Paraguay dan Uruguay, Niniek Kun Naryati.

Niniek mengungkapkan, sejumlah peluang ekspor yang dapat ditingkatkan pengusaha dan para pelaku eksportir Indonesia ke Amerika Latin khususnya Argentina.

“Industri kita punya peluang untuk menjadi pemasok bahan baku industri nasional di Argentina, salah satunya produk alas kaki. Permintaan produk yang berkaitan dengan olahraga dan alas kaki menjadi kebutuhan masyarakat Argentina,” kata Niniek dalam diskusi virtual bertema Potensi Bisnis Indonesia di Amerika Selatan pada Jumat (11/9).




TERBARU

[X]
×