kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berencana rights issue, Sarana Meditama (SAME) akan terbitkan 5,71 miliar saham baru


Senin, 05 April 2021 / 11:23 WIB
Berencana rights issue, Sarana Meditama (SAME) akan terbitkan 5,71 miliar saham baru
ILUSTRASI. Loby Rumah Sakit (RS) Omni Cikarang dipenuhi pengunjung sesaat sebelum peresmian rumah sakit tersebut di Cikarang, Bekasi. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Kenia Intan | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) berencana melakukan penambahan modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue.

Emiten rumah sakit itu bermaksud menerbitkan sebanyak-banyaknya 5,71 miliar saham baru dengan nilai nominal Rp 20 per saham. Adapun harga pelaksanaan final atas HMETD, jumlah final saham baru yang diterbitkan, serta informasi penting lainnya akan diungkapkan dalam prospektus.

Dalam keterbukaan informasi, Kamis (1/4), dijelaskan bahwa dana yang dihimpun melalui rights issue ini akan dimanfaatkan untuk melakukan ekspansi dan investasi usaha. Salah satunya, melalui pengambil alihan perusahaan terafiliasi yang terkait dengan kegiatan usaha rumah sakit yaitu PT Elang Medika Corpora (EMC) dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK). Adapun nilai pengambilalihan itu mencapai Rp 1,35 triliun.

Lebih lanjut manajemen SAME mengungkapkan, dengan aksi pengambilalihan itu diharapkan perusahaan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan efisiensi operasional yang diwujudkan melalui sinergi antara EMC dan perusahaan anak dalam grup perusahaan.

Baca Juga: Kaget Namanya Ada di Daftar Pemegang Saham SAME, Pieter Tanuri: Saya Cuma Cumi-cumi

Diharapkan juga, aksi tersebut bisa meningkatkan kinerja di masa yang akan datang, meningkatkan daya tarik nilai investasi, serta memperbesar jaringan rumah sakit grup perseroan untuk dapat memperkuat posisi agar mampu bersaing dengan grup-grup rumah sakit lainnya.

Selain mengambilalih EMC, dana yang dikumpulkan juga akan digunakan untuk keperluan modal kerja dan/atau entitas anak, serta untuk akuisisi rumah sakit.

Dengan dilaksanakannya rights issue, pemegang saham yang tidak menggunakan haknya diperkirakan akan terdilusi persentase kepemilikan saham dalam perusahaan sampai sebanyak-banyaknya 32,44%.

Lebih lanjut dijelaskan, apabila saham baru yang ditawarkan dalam penambahan modal dengan memberikan HMETD tidak seluruhnya diambil atau dibeli oleh pemegang saham, maka sisanya akan dialokasikan kepada para pemegang saham lain atau pemegang bukti HMETD lainnya yang melakukan pemesanan lebih besar dari haknya secara proporsional.

Apabila setelah alokasi saham tambahan tersebut masih terdapat sisa saham baru, maka sisa saham tersebut akan diambilbagian oleh EMTK yang merupakan pemegang saham utama SAME dengan kepemilikan saham sebesar 72,19% dari modal ditempatkan dan disetor.

Aksi ini masih perlu mendapat restu pemegang saham, oleh karenanya SAME akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Senin 10 Mei 2021.

"Pelaksanaan penambahan modal dengan memberikan HMETD ini akan dilaksanakan setelah diperolehnya persetujuan RUPSLB dan pernyataan efektif dari OJK atas Pernyataan Pendaftaran yang diajukan Perseroan sehubungan dengan penambahan modal dengan memberikan HMETD ini," ujar manajemen SAME dalam keterbukaan informasi, Kamis (1/4).

Selanjutnya: Rights issue, Sarana Meditama Metropolitan (SAME) akan mengantogi dana Rp 1,2 triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×