kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini upaya OJK tingkatkan peran pasar modal bagi pembangunan


Kamis, 02 Januari 2020 / 13:20 WIB
Begini upaya OJK tingkatkan peran pasar modal bagi pembangunan
ILUSTRASI. Penjual kopi keliling melayani pembeli di depan layar pergerakan saham kawasan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (13/12). OJK berharap pasar modal Indonesia berperan lebih besar lagi terhadap pembangunan ekonomi nasional. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso berharap pasar modal Indonesia mampu berperan lebih besar lagi terhadap pembangunan ekonomi nasional dan gerak aktivitas usaha sektor riil.

Mengingat pentingnya industri pasar modal, sambungnya, tahun ini pihaknya bakal terus membangun kolaborasi dengan berbagai pihak guna meluncurkan beberapa kebijakan strategis pengembangan pasar modal.

Baca Juga: Jokowi: Jangan sampai ada saham yang digoreng-goreng

“Ini untuk mewujudkan industri pasar modal yang resilient, efisien, transparan, dan kredibel,” ujarnya dalam sambutan dalam Pembukaan Perdagangan Bursa tahun 2010, Kamis (2/1).

Adapun beberapa kebijakan yang akan difokuskan pada tahun ini seperti peningkatan pelaksanaan governance yang lebih baik. Hal ini akan dilakukan melalui peningkatan standar prudensial dan transparansi terutama transparansi laporan keuangan yang telah diaudit dan enforcement yang konsisten terhadap pelanggaran ketentuan dan etika.

Kedua, lanjutnya, pihaknya bakal meningkatkan peran pasar modal dalam pembiayaan berbagai proyek di sektor-sektor strategis pemerintah.

Misalnya melalui pemberian berbagai insentif kepada para emiten yang bergerak pada pengembangan sektor-sektor strategis pemerintah dan mengedepankan aspek ramah lingkungan.

Baca Juga: IHSG sesi I terkoreksi 0,45% saat angka inflasi terendah sejak 2012

Ketiga, ia bilang bakal meningkatkan peran pasar modal dalam pengembangan UMKM yaitu melalui penerapan digitalisasi di pasar modal yang dimulai dari produk pasar modal berbasis digital seperti equity crowdfunding.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×